Agam Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2020

Lubuk Basung, Sumbartodaynews.com- AMC Pemerintah Kabupaten Agam meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Utama tahun 2020. Penghargaan tersebut digelar secara virtual di Balairung Rumah Dinas Bupati Agam, Rabu (13/10).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Agam Dr. H. Andri Warman dan dihadiri oleh pihak-pihak terkait seperti Melson dari Bappeda, Dafrines mewakili Inspektorat, Hendri G dari Bakeuda, Erniwati selaku Kadis Dalduk KB-P2PA.

APE 2020 diberikan kepada 13 kementrian, 29 provinsi dan 266 kabupaten/kota. APE sudah diselenggarakan sejak tahun 2014, namun di tahun 2020 harus ditunda akibat pandemi covid 19.

Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementrian/lembaga dan daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Baca Juga  Wali Kota Medan Bobby Nasution Langsung Memimpin High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah

PUG sendiri merupakan sebuah strategi pembangunan untuk mengintegrasikan perspektif gender dalam rancangan pembagunan. Implementasi PUG yang baik menjadi landasan terselenggaranya APE. Sehingga APE merupakan acuan untuk melihat kemajuan pembangunan.

“APE merupakan bentuk apresiasi terhadap kementrian/lembaga dan juga pemda yang sudah berhasil dalam mengimplementasikan pengarusutamaan gender didalam program dan kegatannya.” Hal tersebut disampaikan oleh Mentri Pemberdayaan Perempuan Titi Eko Rahayu, S.E., M.A.P

Lebih lanjut Titi dalam sambutan secara virtual meyampaikan bahwa pengarusutamaan gender merupakan hal yang penting,“Pengarusutamaan gender telah ditetapkan sebagai salah satu pengarusutamaan dari empat pengarusutamaan guna mewujudkan pembangunan yang inovatif dan adaptif sehingga menjadi katalis pembangunan untuk memicu kesejahteraan dan keadilan”ujarnya.

Baca Juga  Beri Dukungan Langsung Pada Kontingen Jamnas XI, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta Hadir Langsung ke Cibubur

Menutup sambutan Titi mengaharapkan praktek baik pengarusutamaan gender dapat terimplementasikan serta berterima kasih terhadap kementrian/lembaga dan pemda “saya berterima kasih karena telah peduli dan berkomitmen dalam pelakasanaan pengarusutamaan gender didaerah masing-masing” tutupnya.

Fajar/hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan