Akhirnya Syamsurizal resmi menjabat Sekda Solok Selatan

0

Akhirnya Syamsurizal resmi menjabat Sekda Solok Selatan.
Foto pelantikan “Syamsurizal” sebagai Sekda oleh Bupati Solok Selatan “Khairunas”

Sumbartodaynews.com, Solok Selatan – Akhirnya Syamsurizal resmi menjabat Sekda Solok Selatan. Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Khairunas melantik akademisi Fisip Universitas Andalas Dr. Syamsurizaldi, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) setempat di Padang Aro, hari Kamis tanggal 26 Agustus 2021.

Syamsurizaldi yang akrab dipanggil “Uncu” tersebut dilantik menggantikan Pj. Sekda lama Doni Rahmat Samulo, yang kembali bertugas sebagai kepala salah satu biro (Kabiro) di Pemprov Sumatera Barat.

Bupati Khairunas di Padang Aro, Kamis, berpesan agar Sekda baru mampu berperan dalam menjaga hubungan harmonis antara bupati dan wakil bupati yang telah terjalin selama ini.

Bantu kami berdua (Bupati dan Wabup) untuk tetap harmonis dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan ini,” katanya.

Ia juga berharap agar sekda juga mampu membantu harmonisasi kepala daerah dengan unsur-unsur pemerintahan lainnya, termasuk hubungan dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Kehadiran sekda yang baru diharapkan juga dapat memberikan energi baru yang besar untuk menjalankan pemerintahan di Kabupaten Solok Selatan.

Terlebih, Sekda Syamsurizaldi adalah sosok yang sudah lama mengambil peran dan turut berkontribusi dalam kemajuan Solok Selatan selama ini.

Tak ingin berlama-lama, ia langsung menginstruksikan sekda untuk berkoordinasi dengan bupati dan wabup keesokan harinya, untuk mendiskusikan terkait belum adanya pejabat definitif pada berbagai OPD.

Beliau bukanlah orang baru, dan telah mengetahui seluk beluk di kabupaten ini. Saat ini ada beberapa OPD yang berstatus pelaksana tugas (plt). Bantu kami untuk memikirkan agar secepatnya OPD tersebut mendapatkan pejabat definitif,” katanya.

Sekda juga diminta untuk membantu mengkoordinir OPD-OPD yang ada dalam mensukseskan berbagai rencana pembangunan untuk mewujudkan visi dan misi yang nantinya tertuang dalam RPJMD 2021 – 2026.

Dalam kesempatan tersebut, Khairunas juga menyampaikan terimakasihnya atas pengabdian Pj Sekretaris Daerah yang lama, Doni Rahmat Samulo, yang diharapkan dapat terus membantu memperjuangkan Solok Selatan di tingkat provinsi nantinya.

Syamsurizaldi dilantik menjadi sekda setelah melalui berbagai tahapan yang dilakukan Tim Panitia Seleksi Daerah (Panselda) dan sesuai dengan UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Pengangkatan tersebut berdasarkan rekomendasi dan Persetujuan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) No. B2684/KASN/08/2021 Tanggal 9 Agustus 2021 yang ditandatangani Ketua KASN Agus Pramusinto.

Kemudian Persetujuan Mendagri tentang Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kab. Solok Selatan No. 821/4550/SJ Tanggal 23 Agustus 2021 yang ditindaklanjuti Gubernur Sumbar melalui Surat BKD No. 821/5746/IV/BKD-2021, serta SK Bupati Solok Selatan No. 800.246-2021, tentang Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Pemkab Solok Selatan.

Turut hadir Wakil Bupati Solok Selatan, Ketua DPRD, Kajari, Plh. Pabung 0309 Solok, Perwira pada Polres Solsel, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK, Kepala BKD Prop. Sumbar, dan sejumlah tamu undangan lainnya

Bagikan

Tinggalkan Balasan