Apel Gabungan Bulan Maret Momen Saling Maaf Memaafkan Antara Bupati dengan ASN se-Dharmasraya

0

DHARMASRAYA, SUMBAR TODAY NEWS — Seperti kegiatan pada bulan sebelumnya, Pemkab Dharmasraya menggelar kegiatan Apel Gabungan. Pada bulan ini, Pemkab Dharmasraya menggelar Apel Gabungan Bulan Maret pada hari Rabu, (08/03/23) di Lapangan Kantor Bupati Dharmasraya. Dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Apel Gabungan ini dihadiri oleh Sekda, Adlisman, seluruh Kepala OPD se-Dharmasraya.

Dalam amanat apel gabungan, Bupati menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh ASN di Lingkungan Pemkab Dharmasraya. Diantaranya adalah ucapan terima kasih Bupati kepada seluruh ASN karena telah mematuhi Peraturan Pemerintah Nomor 94 tahun 2021 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Sehingga selalu berkomitmen untuk mematuhi jam masuk kerja. Dan memiliki kinerja yang baik, sehingga kita semua menjadi pegawai yang professional dalam melaksanakan tugas.

Bupati juga menyampaikan permintaan maaf di hari Nifsu Sya’ban atau pertengahan bulan Sya’ban. Artinya kurang lebih 14 hari lagi puasa ramadhan akan segera menghampiri kita. “Mari kita sambut bulan suci ramadhan dengan membersihkan hati kita dengan saling bermaaf-maafan sesama kita. Dengan ucapan mohon maaf lahir dan batin. Membersihkan tempat ibadah yang akan digunakan untuk salat tarawih dilingkungan kerja dan dilingkungan tempat tinggal kita. Serta menyambutnya dengan penuh kegembiraan, sehingga kedatangan bulan suci ramadhan mendatangkan keberkahan bagi kita semua,” kata Bupati.

Pemkab Dharmasraya juga membentuk tim safari ramadhan yang berjumlah 17 tim, yang akan turun ke masjid atau tempat ibadah yang ada di setiap nagari yang ada di Kabupaten Dharmasraya. Selain itu juga, dalam menyambut bulan suci ramadhan 1444 H ini, Pemkab Dharmasraya akan mengadatan Muballigh Nasional “Mama Dedeh” (Dedeh Rosidah) pada hari Minggu tanggal 19 Maret 2023 mendatang di Masjid Agung Dharmasraya.

“Saya menghimbau kepada bapak atau ibu semua, mari kita ikuti bersama dengan membawa keluarga dan mengajak masyarakat sekitar tempat tinggal kita untuk menghadirinya bersama-sama. Semoga kita diberikan kesehatan yang prima dan keikhlasan untuk melaksanakan ibadah puasa ramadhan pada tahun 1444 H ini. Serta dijauhkan dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa kita nantinya,” harap Bupati lagi.

Bupati juga berpesan di bulan Maret 2023 dan anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Dharmasraya untuk tahun 2023 sudah kita realisasikan. Untuk itu, marilah kita laksanakan anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Dharmasraya 2023 sesuai dengan schedule yang telah ditentukan. Agar dapat kita manfaatkan dan optimalkan penggunaannya.

Sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Dharmasraya, namun perlu dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah. Karena sekarang sedang refocusing anggaran sesuai PMK nomor 211 dan 212 tahun 2022.

“Alhamdulillah pada tanggal 21 Februari yang lalu Pemkab Dharmasraya menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI sebagai Kabupaten bebas Frambusia. Penghargaan berupa sertifikat ini diberikan kepada Kabupaten Dharmasraya atas upaya yang kita lakukan untuk mencegah munculnya penyakit tersebut di Kabupaten Dharmasraya. Dimana penyakit frambusia merupakan penyakit menular langsung antar manusia yang disebabkan oleh infeksi kronis bakteri. Sehingga tubuh yang terinfeksi bakteri ini akan berdampak kulit terlihat lesi, yang menyebabkan cacat tulang. Oleh sebab itu, saya harapkan kepada Dinas Kesehatan, Direktur RSUD, Camat dan Kepala Puskesmas dapat mempertahankan status bebas frambusia. Serta berkomitmen menjaga derajat kesehatan masyarakat melalui pembangunan kesehatan yang berwawasan lingkungan. Serta menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat),” pungkas Bupati.

#DR/ HMS

Tinggalkan Balasan