APEL OPERASI KETUPAT SINGGALANG 1444 H DI DHARMASRAYA, *Kapolres : Pintu masuk utama Sumbar, Dharmasraya diistimewakan pemudik.

0

APEL OPERASI KETUPAT SINGGALANG 1444 H DI DHARMASRAYA, *Kapolres : Pintu masuk utama Sumbar, Dharmasraya diistimewakan pemudik. DHARMASRAYA, KAWASAN SUMBAR COM — Apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2023 dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 H/ 2023 M, dengan tema “Mudik Aman Berkesan”, dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, hari ini, Senin (17/04/2023).

Di Kabupaten Dharmasraya, apel gelar pasukan Ketupat Singgalang diselenggarakan di halaman Kantor Bupati setempat. Bertindak sebagai pembina apel Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah. Turut disaksikan Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua DPRD, Pariyanto, Dandim , Letkol Endik Hendra Sandi, Kajari Dharmasraya, Dodik Hermawan, Kalapas Dharmasraya, Budi Setyo Prabowo,

Selain itu hadir Kepala Dinas Perhubungan, Catur Eby, Kepala Dinas Satpol PP, Safruddin, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Yenfrinaldi, Kalaksa BPBD Eldison, dan Ketua MUI Dharmasraya, Buya H. Aminullah Salam.

Baca Juga  UPTD PKB Dinas Perhubungan Kota Padang Panjang Diduga Kangkangi Peraturan Menteri Perhubungan

 

Apel dimulai dengan pemeriksaan pasukan, dan perlengkapan. Kemudian pemasangan pita tanda operasi oleh Kapolres Dharmasraya kepada perwakilan TNI, Polri, satpol PP, Dinas Perhubungan Dharmasraya. “Perihal ini untuk kita pedomani dan dilaksanakan di Dharmasraya”, ujar singkat Kapolres.

Dalam amanat tertulis Kapolri, Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Kapolres mengatakan sebanyak 148 ribu lebih personel gabungan akan dikerahkan dalam Operasi Ketupat 2023. Para personel akan mengamankan arus mudik Lebaran dan menjaga objek vital.

Sedangkan di Dharmasraya sendiri melibatkan seluruh personil, dan gabungan TNI. Juga BPBD, Dinas PU, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan Pol PP, serta Organisasi Masyarakat (Ormas) dan lain sebagainya.

 

“Mulai besok pagi mereka sudah disebar di empat titik yang sudah disediakan poskonya jauh-jauh hari kemarin”, kata Kapolres.

Empat titik pos pengamanan yang dimaksud pertama diperbatasan di Sungai Rumbai sebagai pintu masuk sumbar, kedua wilayah Koto Baru sebagai wilayah pertengahan jalinsum Dharmasraya. Kemudian di Umega Gunung Medan sebagai tempat yang diprediksi sebagai persinggahan banyak pemudik, kemudian titik ke empat di Sialang menuju pintu masuk Kabupaten Sijunjung.

Baca Juga  UPTD PKB Dinas Perhubungan Kota Padang Panjang Diduga Kangkangi Peraturan Menteri Perhubungan

 

AKBP Nurhadianyah juga menyampaikan kepada anggota yang lain untuk giat melakukan patroli jam rawan, ini sebagai langkah antisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas kepada masyarakat.

“Jadikan mudik aman dan berkesan, dan saya tekankan untuk dipedomani melaksanakan tugas secara sungguh-sungguh juga humanis. Kelengkapan selama berjaga di pos pengamanan harus diperhatikan, ini juga harus diterapkan pada arus balik nantinya. Terakhir pastikan informasi situasi dan kondisi dengan baik melalui Iklan Layanan Masyrakat,” tutup Kapolres.

 

Sementara itu, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menegaskan siap mendukung Polres Dharmasraya mensukseskan Operasi Ketupat Singgalang Tahun 2023.

Ketua Umum Apkasi itu mengatakan, semua personel dan sarana dan prasarana yang berada di bawah kewenangan Pemkab Dharmasraya siap disiagakan demi kelancaran pemudik.

Baca Juga  UPTD PKB Dinas Perhubungan Kota Padang Panjang Diduga Kangkangi Peraturan Menteri Perhubungan

“Kami perintahkan kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Satpol PP, Kepala Dinas Kesehatan dan Kalaksa BPBD untuk menyiapsiagakan serta memobilisasi personel, sarana dan prasarana dalam rangka mendukung operasi ini,” tutup Sutan Riska.

 

# Sc/hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan