Atlet Transgender pertama di Olimpiade Jepang

 

Atlet angkat besi dari New Zealand akan membuat sejarah di Olimpiade Tokyo 2020 musim panas ini
Foto:Laurel Hubbard,atlet yang Transgender.

Sumbartodaynews.com, Jepang – Atlet Transgender pertama di Olimpiade Jepang. Atlet angkat besi dari New Zealand akan membuat sejarah di Olimpiade Tokyo 2020 musim panas ini. Laurel Hubbard akan menjadi atlet angkat besi transgender pertama yang berkompetisi di hajatan olahraga akbar empat tahunan itu.

Atlet berusia 43 tahun itu diutus oleh Selandia Baru untuk melakukan perjalanan ke Jepang. Menurut laporan Give Me Sport, Hubbard akan berlaga di kelas super berat putri (87 kg).

Ia juga akan menjadi atlet angkat besi tertua di Olimpiade. Sang atlet mengalami transisi dari lelaki ke perempuan 10 tahun lalu.

Saya berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan warga New Zealand” kata Hubbard dalam pernyataan lewat Komite Olimpiade negaranya (NZOC).

Baca Juga  Wako Hendri Septa Perjuangkan Nasib Pegawai Honor ke Menpan-RB

Sebelum transisinya, Hubbard telah berkompetisi dalam kompetisi angkat besi lelaki, meskipun standar kompetisinya lebih rendah daripada Olimpiade. Pemilihan dirinya oleh New Zealand dimungkinkan setelah persyaratan kualifikasi diubah.

Saat ini, Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengizinkan atlet transgender untuk bersaing di nomor putri. Namun, syaratnya adalah kadar testosteron (hormone lelaki) mereka harus berada di bawah batas tertentu.

Source : Komite Olimpiade Tokyo

Ricky/pung

Bagikan

Tinggalkan Balasan