Baznas Pasbar Adakan Pembekalan Bagi 110 Orang Pengurus UPZ Kecamatan se Pasbar.

SumbarTodayNews Pasbar, – Guna memaksimalkan kemampuan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dimasing-masing kecamatan, Badan Amil Zakat Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengadakan pembekalan dan pelatihan bagi 110 peserta terkait tugas pokok dan fungsi (tupoksi) UPZ. Kegaiatan di laksanakan di Gedung Pemda Pasbar, Kecamatan Pasaman, Rabu (1/12).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pasaman Barat yang diwakili oleh Kabag Kesra Setda Pasbar, Hendrizal mengatakan Independensi kelembagaan Baznas telah diatur sesuai undang-undang yang berlaku sebagai lembaga pengumpul dan penyalur zakat.

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, Baznas secara konstitusional bertanggung jawab kepada Presiden melalui Kementrian Agama, dan seterusnya berlaku hingga tingkat daerah.

“Atas dasar itulah Baznas Pasbar membentuk UPZ, untuk melakukan pendataan, pengumpulan, penyaluran dan lain sebagainya.” Kata Hendrizal.

Lebih lanjut Hendrizal menyampaiakan, atas nama Pemerintah Daerah Pasbar ia berharap kepada masing-masing UPZ nantinya dapat bekerja sama agar program kerja Basnas Pasbar untuk tahun 2022 dapat tercapai.

Baca Juga  PT PLN (Persero) terus berupaya memulihkan jaringan listrik yang terdampak erupsi Gunung Semeru

“Pemda Pasbar akan selalu siap membantu dan mendampingi. Semoga pengumpulan untuk tahun mendatang akan meningkat hendaknya, tidak hanya Zakat ASN saja, namun lebih dari itu harus menigkat hendaknya,” lanjut Kabag Kesra.

Senada dengan itu, Ketua Baznas Pasbar, Muhazir, mengatakan kegiatan ini merupakan agenda turunan dari konsolidasi dan pendampingan bagi UPZ, Sebagaimana amanah Undang-undang dan Peraturan Baznas terkait pembentukan UPZ, sebagai Amil Zakat di masing-masing kecamatan.

“Target dari kegiatan ini adalah bagaimana nanti di lapangan UPZ memiliki kepiawaian dalam hal pengumpulan dan penyaluran atau pendistribusian Zakat di kecamatan,” Ungkap Muhazir.

Ia berharap kepada UPZ untuk memaksimalkan di bidang pengumpulan zakat hingga nantinya untuk pendistribusian akan meningkat. Hal lain seperti di antaranya menjalin sinergitas dengan pihak perusahaan yang ada di setiap kecamatan, bersama Pemda Pasbar sudah dilakukan komunikasi terkait pengentasan kemiskinan melalui Program CSR/Zakat, Infaq dan Sedekah (Zis).

Baca Juga  Korpri TNI AD Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur

“Kedepan UPZ akan libatkan dalam setiap upaya pengumpulan dan pendistribusian. Lebih dari itu saya berharap kerja sama dan silaturrahmi yang baik dalam melaksanakan tugas, agar bisa meberikan pelayanan yang baik dari para pemberi zakat (Muzakki) kepada para penerima (Mustahik) zakat.” tambah Muhajir.

Sementara itu, salah seorang peserta pembekalan Elmunawaroh, disela kegiatan berlangsung mengatakan, sebagai salah seorang UPZ ia menyebutkan pengalaman di lapangan diperlukan untuk pendekatan kepada para Muzakki (Pemberi Zakat) tentang Zakat.

“Minimnya sosialisasi, sehingga informasi tentang Amil Zakat, kesadaran Zakat dan lainnya, sehingga potensi zakat masih rendah”. ungkap Munawaroh mengakhiri.

Munawaroh berharap promosi seputar Zakat supaya harus ditingkatkan, dan juga pendataan Muzakki dan mustahik sebagai langkah awal dalam hal pengumpulan dan pendistribusian zakat.

Baca Juga  MOMEN BERSEJARAH : NY. DEWI SUTAN RISKA IKUTI KONGRES BUNDO KANDUANG SE-DUNIA

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, turut hadir beberapa OPD, Camat, KUA, seluruh jajaran pengurus dan pimpinan Baznas Pasbar dan para UPZ Kecamatan se Pasbar.

Bagikan

Tinggalkan Balasan