BPD Sungai Penuh Kagumi Bank Sampah Kurabu

PADANG PANJANG, Sumbartodaynews.com- Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Maliki Air, Kecamatan Hamparan Rawang, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi kagum dengan kreativitas Bank Sampah Kurabu (Kreasi Unik Para Ibu) Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur.

Zarwan, ketua rombongan BPD, tidak menyangka ibu-ibu di Bank Sampah Kurabu bisa mengolah sampah menjadi barang yang berguna. Bahkan menjadi uang.

“Benar-benar hebat sekali ibu-ibu di sini. Tidak ada sampah yang tidak berguna. Bahkan menjadi barang yang berguna dan bisa menghasilkan uang. Sungguh di luar dugaan ini. Plastik makanan saja disulap menjadi tas, menjadi alas meja, barang yang berguna untuk kehidupan sehari-hari,” katanya kepada Kominfo saat mengunjungi Bank Sampah Kurabu, Kamis (14/10).

Baca Juga  Baglog Polres Sijunjung Supervisi Logistik ke Polsek Sumpur Kudus

Di desa mereka, kata Zarwan, belum terpikir oleh warga untuk mengolah sampah menjadi barang seperti ini. Malahan baru diberikan perlombaan di sana bagi yang membuang sampah pada tempatnya. Berbeda sekali dengan Padang Panjang yang bisa mengajak warganya berkarya dari sampah dan menambah nilai ekonomis.

“Ini tentunya sebuah pelajaran yang berharga kami dapatkan. Insya Allah akan diterapkan nantinya di tempat kami,” sebutnya.

Sedangkan Lurah Ganting, Januardi, SE yang hadir saat itu juga menerangkan beberapa kegiatan yang dilakukan di bank sampah ini.

“Kami di sini tidak hanya mengolah sampah menjadi barang berguna, di sini juga ada tempat membaca dan belajar bagi anak-anak yang disebut dengan TBM (Taman Baca Masyarakat). Alhamdulillah sampai saat ini berlangsung dengan baik,” katanya.

Baca Juga  Baglog Polres Sijunjung Supervisi Logistik ke Polsek Sumpur Kudus

Ibu-ibu di Kurabu ini, katanya, semuanya semangat dalam mengolah sampah menjadi barang yang berguna dan bernilai. Mereka tidak berhenti berkarya, bahkan menggali ilmu baru dan karya baru di sini.

“Buktinya kertas saja bisa jadi miniatur rumah di sini. Dan juga pot bunga dari sedotan serta karpet dari bungkus makanan,” katanya.

Hadir dalam pertemuan tersebut Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Pencemaran Lingkungan Perkim LH, Syafriman Thaib, SP, M.Si, LPM Ganting, Bundo Kanduang dan lainnya.

Fajar/hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan