Bukit Surungan Usulkan Enam Kegiatan di Musrenbang

PADANG PANJANG, SumbarTodayNews — Kelurahan Bukit Surungan (Busur), Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB) mengusulkan enam rencana pembangunan dalam Musrenbang Kelurahan, Jumat (21/1) di Kantor Lurah setempat.

Lurah Busur, Ryan Afrinaldi, A.Md menyebutkan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan rapat pra musrenbang yg menghasilkan enam usulan.

“Dengan status kelurahan tipe tiga, Busur dapat mengusulkan maksimal enam usulan. Adapun usulan di bidang fisik, berupa pembuatan gedung galeri promosi hasil pertanian dan kerajinan tangan. Pembangunan dan peningkatan dam tanah kuburan dekat Mushalla Al Birr,” ungkapnya.

Kemudian di bidang ekonomi, sebutnya, pelatihan pengelolaan desa wisata dan pelatihan web development (pembuatan web), SEO (meningkatkan pengunjung web) dan monetize (menghasilkan pendapatan dari web).

Baca Juga  Usai Pawai, Pasukan Oranye Sigap Bersihkan Sampah

“Mengingat minimnya pengetahuan dalam pengelolaan desa wisata dan infomasi tentang pemanfaatan kemajuan teknologi, yang dibutuhkan sebagai sarana dalam meningkatkan perekonomian melalui media sosial maka kita fokus dengan pelatihan pengelolaan wisata dan pelatihan web ini,” jelasnya.

Di bidang sosial budaya, imbuhnya, yaitu pengadaan proyektor dan pembinaan remaja yang berkesinambungan di tingkat kelurahan.

Dikatakannya, belum tersedianya media penyuluhan di posyandu yang dapat menarik minat para ibu sasaran. “Kemudian kita rasakan zaman sekarang perlu adanya pembinaan remaja yang dapat memperbaiki perilaku dalam pergaulan. Mudah-mudahan enam usulan kita ini dapat terealisasi di tahun 2023 nanti,” harapnya.

Camat PPB, Fiori Agustin, S.IP menyampaikan, musrenbang merupakan agenda tahunan, amanat Permendagri No 86 Tahun 2017.

Baca Juga  Usai Pawai, Pasukan Oranye Sigap Bersihkan Sampah

“Kita berharap usulan ini selaras dengan
tema tahun 2023 nanti untuk pemulihan ekonomi dan peningkatan SDM menuju Padang Panjang bermarwah dan bermartabat,” ucapnya.

Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda, Rochayati, S.Sos, MM, menyampaikan, tahun 2023 merupakan tahun terakhir pelaksanaan RPJMD Kota Padang Panjang.

“Untuk itu kita berharap prioritas pembangunan untuk tahun 2023 nanti dititikberatkan pada pemulihan ekonomi dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia,” ucapnya .

GivanHms

Bagikan

Tinggalkan Balasan