Bupati Dharmasraya Himbau Pemkab Agar Mendonorkan Darahnya Untuk Ketersediaan Stok Darah di PMI

DHARMASRAYA, SumbartodayNews – Bupati Dharmasraya Himbau Pemkab Agar Mendonorkan Darahnya Untuk Ketersediaan Stok Darah di PMI. Orang nomor satu di Kabupaten Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Dharmasraya agar dapat mendonorkan darahnya. Sehingga menjamin ketersediaan stok darah di PMI Kabupaten Dharmasraya. Himbauan sekaligus ajakan Bupati ini disampaikannya saat Apel Gabungan Bulan Mei 2022 di halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Senin (09/05/22).

Himbauan Bupati untuk mengajak seluruh ASN melakukan donor darah ini bukan tanpa sebab, pasalnya stok darah yang ada di PMI terkadang hanya tiga atau empat kantong saja pada setiap golongan darah. Bahkan stok untuk golongan darah tertentu kosong sama sekali. Hal ini membuat masyarakat yang membutuhkan darah menjadi sangat terkendala untuk mendapatkan.

“Jika setiap ASN rutin mendonorkan darahnya tentu saja tidak akan ada lagi warga Kabupaten Dharmasraya yang kesulitan mencari pendonor kalau sewaktu-waktu dibutuhkan. Saya harap, sebagai ASN kita peduli permasalahan tersebut, sehingga masyarakat akan sangat terbantu,” himbau Bupati.

Baca Juga  PERDANA DI MASJID AGUNG DHARMASRAYA, PEMKAB GELAR HALAL BIHALAL

Kata Bupati, saat ini PMI Dharmasraya sudah mengadakan satu unit bus untuk memudahkan masyarakat mendonorkan darahnya.

“Bus tersebut kedepannya akan keliling ke dinas-dinas atau ruang-ruang publik lain untuk menghimpun darah dari pendonor. Sehingga para pendonor tidak perlu repot lagi ke PMI, cukup di bus saja,” terang Bupati.

Selain membantu bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan, mendonorkan darah juga memiliki banyak manfaat seperti pemeriksaan kesehatan gratis, membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi kadar zat besi, mendorong produksi sel darah, menurunkan tekanan darah, merangsang regenerasi sel darah, merasa lebih bahagia, menurunkan berat badan, menurunkan risiko kanker, dan membantu menyehatkan organ hati.

Pada kegiatan donor kali ini, selain Bupati ada sejumlah pejabat yang berkenan untuk mendonorkan darahnya.

Pada kesempatan Apel tersebut juga Bupati juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua kalangan yang telah melaksanakan program pemerintah untuk pencegahan pandemi Covid 19. Dengan menerapkan protokol kesehatan selama melaksanakan cuti lebaran tahun ini.

Baca Juga  Walikota Pariaman Berpesan, Guru Harus Bisa Jadi Sahabat dan Teman Bermain Bagi Anak Saat Menghadiri Halal Bihalal KKKS

“Semoga ini menjadi petanda bagi kebaikan kita semua untuk membangun kebersamaan , kekompakkan dan semangat untuk lebih bersungguh-sungguh dalam membangun Dharmasraya kedepannya,” ungkap Sutan Riska.

Setelah melaksanakan Idul Fitri tahun ini, kita semua dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang diamanahkan di pundak kita dengan sebaik-baiknya. Sehingga kita dapat memberikan pengabdian yang terbaik untuk Kabupaten Dharmasraya. Untuk pemulihan ekonomi masyarakat kiranya kita dapat memanfaatkan dan memberdayakan penggunaan produk dalam negeri, dan ini sejalan dengan arahan pemerintah pusat untuk percepatanpenggunaan produk dalam negeri.

Bupati juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada ASN yang telah melaksanakan pengamanan Idul Fitri di posko-posko pengamanan lebaran. Baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung. Sehingga pelaksanaan Idul Fitri di Kabupaten Dharmasraya berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

Baca Juga  Bupati Solok Lakukan Tinjauan Ke Pasar Tradisional Alahan Panjang

“Kami yakin saudara peserta apel yang hadir pada hari ini dapat menikmati cuti lebaran yang diberikan oleh Pemerintah dengan mengunjungi sanak keluarga dan tempat wisata. Namun saudara-saudara kita yang terbaring di rumah sakit ada yang tidak bisa menikmati suasana lebaran karena ujian yang diberikan oleh Allah SWT. Ada diantara mereka yang memerlukan kepedulian kita semua berupa donor darah untuk kesembuhannya.

Dimetri Robi/hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan