Bupati Hadiri HKN yang Terintegrasi Dengan Germas di Sungai Rumbai Timur

Bupati Hadiri HKN yang Terintegrasi Dengan Germas di Sungai Rumbai Timur

Dharmasraya , Sumbartodaynews.com — Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) Terintegrasi Dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Acara ini dilaksanakan di halaman Kantor Wali Nagari Sungai Rumbai Timur, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian, Darisman, Ketua TP PKK Dharmasraya, Dewi Sutan Riska, Camat Sungai Rumbai, Wali Nagari se-Kecamatan Sungai Rumbai, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Dharmasraya. Kegiatan ini digelar pada hari Senin, (28/11/22).

Dalam rangka HKN ke-58 tahun 2022 dengan Tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”, dipilih untuk mengambarkan bangkitnya semangat dan optimis seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama bahu membahu dan bergotong royong. Dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemic Covid-19, sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas serta bangkit dan sehat kembali.

“Kegiatan Germas yang telah dilakukan sejak tahun 2017 melalui Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 yang dilaksanakan secara terpadu dan berkesinambungan disetiap kecamatran. Kemudian diterapkan disetiap kegiatan yang dilaksanakan secara terintegrasi. Germas sudah membudaya, bahkan menjadi kegiatan pendukung kegiatan-kegiatan di OPD dan Nagari. Bahkan tahun 2019 Germas lebih difokuskan pada tatanan perkantoran, pendidikan dan kesehatan dengan istilah Germas Zone,” kata Bupati.

Kata Bupati lagi, Covid-19 yang sudah bisa dikatakan membaik hasil pemeriksaan PCR terhadap beberapa pasien yang dicurigai kondisi kemarin ada 3 kasus. Untuk itu, kita harus tetap waspada karena kasus Covid-19 belum habis sama sekali. Tentunya dengan tetap menerapkan protocol kesehatan.

“Saat ini kita sedang mengalami perubahan pola penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti stroke, jantung, kanker, diabetes militus dan hipertensi. Tingginya angka penyakit tidak menular disebabkan oleh perubahan pola hidup masyarakat yang cenderung tidak aktif secara fisik, sehingga perlu diberikan edukasi kepada masyarakat dan diharapkan masyarakat dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan promotif dan preventif. Terutama yang berhubungan dengan perubahan perilaku masyarakat. Untuk itu, gerakan masyarakat hidup sehat menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan yang lebih baik,” harap Bupati lagi.

Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan hari ini, sebagai wujud peran serta kita dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Dharmasraya. Serta ucapan terima kasih kepada Kepala OPD, Camat Sungai Rumbai dan jajarannya, TP PKK serta UPT Puskesmas Sungai Rumbai atas terselenggaranya kegiatan germas ini.

“Saya menghimbau kepada saudara-sauadara melalui Germas yang kita laksanakan ini diharapkan agar kedepannya dapat mengjampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Segar (Germas) melalui Pola Hidup Sehat dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dan saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran dimana hasil dari Germas ini kitadiberi penghargaan dari Menteri Kesehatan di bidang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), mari kita pertahankan penghargaan ini,” pungkasnya.

DR/ hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan