Bupati Solok Diwakili Plh. Sekretaris Daerah Edisar, SH, M.Hum Bertindak Selaku Inspektur Upacara Pada Peringatan Hari Agraria

Arosuka, Sumbartodaynews.com- Bupati Solok diwakili Plh. Sekretaris Daerah Edisar, SH, M.Hum bertindak selaku inspektur upacara pada Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021, di Kantor ATR/BPN Kabupaten Solok di Koto Baru Kecamatan Kubung, Jumat (24/09/21). Bertindak selaku pemimpin upacara Nasrul, S.Sit, MH. Turut serta dalam upacara Kepala BPN Kabupaten Solok Nurhamida, S.Sit, M.Si, Kepala BPN Kota Solok Ilhamsyah, SH, MH, Kepala Bagian Humas Syofiar Syam, S.Sos, M.Si beserta pegawai BPN Kabupaten dan Kota Solok.

Dalam upacara tersebut, dilakukan penyerahan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 6 orang pegawai ASN atas nama Elni tanda kehormatan karya satya 30 Tahun, Ratna Juita, S.St, MM tanda kehormatan karya satya 20 Tahun, Andri Cristyanto, S.St tanda kehormatan karya satya X tahun, Dahnel Syahputra, S.Kom tanda kehormatan karya satya X tahun, Ridho Saputra, S.Tr tanda kehormatan karya satya X tahun, dan Haraif Yudha Putra, SH tanda kehormatan karya satya X tahun. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat hak pakai atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Solok, untuk SD Negeri 16 Aia Batumbuak oleh Kepala Kantor BPN Kabupaten Solok Nurhamidah S.Sit, MSi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Solok diwakili oleh Kabag Humas Syofiar Syam.

Baca Juga  Baglog Polres Sijunjung Supervisi Logistik ke Polsek Sumpur Kudus

Usai pemberian penghargaan, Edisar membacakan pidato Menteri ATR/BPN pada Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021. Dengan tema “Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan Yang Profesional” dengan maksud melaksanakan Undang – Undang Cipta Kerja dan turunannya, untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia, dan memberikan kemudahan bagi usaha mikro, kecil, menengah serta mendorong investasi. Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan inovasi dan terobosan Geographic Information System Tata Ruang (GISTARU) diantaranya RTR-online, RDTR interaktif, RTR-Builder, konsultasi publik online dan Protaru.

Sejalan dengan semangat percepatan pemulihan ekonomi nasional, Kementerian ATR/BPR telah meluncurkan sistem pendaftaran aplikasi Loketku dan Aplikasi permohonan Informasi online. Dengan layanan online ini, masyarakat bisa mempersiapkan kelengkapan berkasnya sebelum datang langsung ke kantor pertanahan, sehingga akan meningkatkan efisiensi waktu, biaya, dan adanya transparansi pelayanan. Presiden juga telah menyerahkan sertifikat redistribusi tanah objek reformasi agraria dan hasil penyelesaian konflik pertanahan sebanyak 124.120 sertifikat di 26 Propinsi dan 127 kabupaten/kota.

Baca Juga  Baglog Polres Sijunjung Supervisi Logistik ke Polsek Sumpur Kudus

Dalam rangka memerangi kejahatan pertanahan/mafia tanah Kementerian ATR/BPN bersama Polri saling bekerjasama mengurangi dan memberantas mafia tanah sampai ke akarnya. Menteri ATR/BPN juga berpesan bagi pegawai Kementerian ATR/BPN baik ASN maupun PPNPN jangan sekali-kali menjadi bagian dari mafia tanah. Hingga tahun 2025 Kementerian ATR/BPN menargetkan seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar. Menteri ATR/BPN juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada Gubernur, Bupati/Walikota, Camat, Kepala Desa dan Lurah yang selama ini telah bekerja keras bersama jajaran Kementerian ATR/BPN untuk mensukseskan program strategis Kementerian ATR/BPN. “Selamat merayakan Hari Agraria dan Tata Ruang kepada seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN, semoga momentum peringatan kali ini, kita wujudkan pelayanan terbaik bagi kepentingan bangsa dan negara tercinta serta apa yang kita lakukan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah bagi banyak orang” ucap Edisar mengakhiri.

Baca Juga  Baglog Polres Sijunjung Supervisi Logistik ke Polsek Sumpur Kudus

Fajar/hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan