Bupati Solsel dan Jajaran Ikuti Vidcon Penyerahan DIPA K/L dan Daftar Alokasi TKDD Tahun 2022 Kepada Menteri/Kepala Lembaga dan Kepala Daerah

Padang Aro, Sumbartodaynews – Bupati Solsel dan Jajaran Ikuti Vidcon Penyerahan DIPA K/L dan Daftar Alokasi TKDD Tahun 2022 Kepada Menteri/Kepala Lembaga dan Kepala Daerah. Secara Virtual Bupati Solok Selatan H Khairunas mengikuti acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) kementerian/lembaga dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) 2022 kepada menteri/kepala lembaga dan kepala daerah di Aula Tansi Ampek, Senin (29/11/2021).

Pada APBN 2022, pemerintah dan DPR sepakat belanja negara akan mencapai Rp2.714,2 triliun. Senilai Rp945,8 triliun akan dialokasikan kepada 82 K/L, sedangkan Rp769,6 triliun dianggarkan dalam bentuk TKDD dan diserahkan kepada gubernur dan bupati/walikota.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan, APBN 2022 harus mendorong kebangkitan ekonomi nasional dan mendukung reformasi struktural. APBN akan difokuskan pada 6 kebijakan utama antara lain :
1. Melanjutkan pengendalian Covid-19 dengan tetap memprioritaskan sektor kesehatan.
2. Probabilitas perlindungan social
3. Meningkatkan sumber daya manusia unggul
4. Melanjutkan pembangun infrastruktur
5. Penguatan ekonomi dan pemerataan antar daerah.
6. Melanjutkan reformasi anggaran agar belanja lebih efisien.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani menharapkan DIPA K/L dan daftar alokasi TKDD 2022 dapat segera ditindaklanjuti agar kegiatan untuk pelaksanaan APBN dapat dilakukan segera pada awal tahun untuk dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

FAJAR/hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan