Ciptakan Herd Immunity Dinas Pariwisata DIY Vaksinasi 1200 Pelaku Ekonomi Kreatif Bantul

Yogyakarta, Sumbartodaynews.com– Guna mempercepat program vaksinasi massal dan sekaligus menciptakan herd immunity, Dinas Pariwisata DIY menggandeng Pemkab Bantul menggelar vaksinasi massal bagi pelaku wisata di Kabupaten Bantul di Grand Puri Water Park Timbulharjo Sewon, vaksinasi ini menyasar 1200 pelaku ekonomi kreatif bersama keluarganya. Selasa pagi (14/9/2021).

Menurut Singgih Raharjo Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, kegiatan vaksinasi massal bagi pelaku wisata ini, ada dua misi yang ingin di capai, yang pertama adalah mempercepat mengakselerasi memperluas cakupan vaksinasi untuk mencapai 75-80% masyarakat DIY dan yang kedua adalah untuk mempromosi pariwisata.

Terkait penurunan Level 3 dari Level 4 PPKM, ada tiga destinasi wisata Rujukan di DIY yaitu : Tebing Breksi di Sleman, Pinus Mangunan Bantul dan Gembira Loka Zoo Yogyakarta. Dalam keterangannya, Singgih mengatakan, wisatawan diharuskan melalukan reservasi online dulu melalui aplikasi Visiting Jogja.
Singgih menambahkan, sasaran vaksinasi saat ini sudah di perluas kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), keluarga parekraf dan masyarakat di sekitar destinasi tersebut.

Baca Juga  MOMEN BERSEJARAH : NY. DEWI SUTAN RISKA IKUTI KONGRES BUNDO KANDUANG SE-DUNIA

“ Vaksinasi massal untuk pelaku wisata ini telah kami laksanakan sebanyak 34 kali dan sudah mencapai 92%, kolaborasi Dinas Kesehatan DIY dan kabupaten, dinas pariwisata kabupaten, sumbartodaynews, Pengadilan Tinggi DIY dan Panaradia Keistimewaan Yogyakarta, “ terang Singgih Raharjo.

Sementara Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo mengatakan, menyambut baik program vaksinasi massal yang diiniasi oleh Dinas Pariwisata DIY, 4500 lebih pengelola desa wisata dan ekonomi kreatif dan keluarganya telah divaksin oleh Dinas Pariwisata DIY dengan menggunakan Dana Keistimewaan.

“ Terobosan Dinas Pariwisata di tengah Pandemi Covid-19 ini, menyelenggarakan vaksinasi dan beberapa saat yang lalu memberikan bantuan kepada pelaku wisata, hal sangat luar biasa sekali, Pemkab Bantul memberikan apresiasi dan matur nuwun sanget (terimakasih sekali), Bantul telah mendapat perhatian penuh dari Bapak Gubernur DIY melalui Dispar DIY, “ kata Joko Purnomo.

Baca Juga  PT PLN (Persero) terus berupaya memulihkan jaringan listrik yang terdampak erupsi Gunung Semeru

Dengan vaksinasi ini diharapkan selain terciptanya herd immunity di kalangan pelaku wisata dan keluraganya, juga memberikan rasa nyaman, aman dan percaya diri kelak bilamana destinasi kembali di buka. “ Sehingga pelaku wisata, mampu memberikan pelayanan terbaiknya kepada para wisatawan nantinya, “ tutur Wakil Bupati.

Fajar/hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan