Ciptakan Tertib Berlalu Lintas Polda Sumbar Gelar Operasi Zebra Singgalang

0

Operasi Zebra Singgalang

Sumbartodaynews Kepolisian Daerah Sumatera Barat memulai laksanaan Operasi Zebra Singgalang 2023 yang akan berlangsung pada tanggal 4 hingga 17 September 2023. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan ketertiban dalam berlalu lintas di provinsi Sumatera Barat.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman, menjelaskan bahwa dalam operasi ini, pihak kepolisian akan memprioritaskan penindakan terhadap tujuh jenis pelanggaran. Tujuh pelanggaran tersebut meliputi penggunaan ponsel saat berkendara, berkendara melawan arus lalu lintas, pengemudi atau pengendara yang masih di bawah umur, melampaui batas kecepatan, tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) serta sabuk pengaman untuk mobil, mengemudi dalam pengaruh alkohol, dan berboncengan lebih dari satu orang atau melebihi kapasitas kendaraan.

Baca Juga  Acara Pisah Sambut Korlap KB Tanjung Emas di Hadiri Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra

Hilman menegaskan bahwa dalam pelaksanaan operasi ini, pihak kepolisian tidak akan mencari-cari kesalahan pengendara. Sasaran utama penindakan adalah pelanggaran yang dapat dengan mudah terlihat dan terbukti secara kasat mata.

Ia juga mengajak masyarakat untuk mematuhi aturan berlalu lintas dengan melengkapi surat-surat kendaraan seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Selain itu, penting untuk memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi baik, menghindari mengemudi dalam pengaruh alkohol, dan mematuhi peraturan lalu lintas.

Hilman menekankan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir atau takut terhadap pelaksanaan operasi jika mereka mematuhi peraturan berlalu lintas. Dia juga menyarankan agar pengendara memastikan bahwa surat-surat kendaraan mereka tidak jatuh tempo atau habis masa berlakunya saat diperiksa oleh petugas.

Baca Juga  Pisah Sambut Korlap KB Tanjung Emas di Hadiri Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra

Dengan pelaksanaan Operasi Zebra Singgalang 2023 ini, diharapkan dapat menciptakan suasana lalu lintas yang lebih aman dan tertib di Sumatera Barat serta mengurangi pelanggaran yang dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan.

(*)

Klik Disini Untuk Bergabung Bersama Fanpage SUMBARTODAYNEWS Agar Tidak Ketinggalan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional.

Klik Disini Untuk Mengikuti Grup SUMBARTODAYNEWS Untuk Selalu Update Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional.

Bagikan

Tinggalkan Balasan