Dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur yang ada di Kabupaten Siak

SumbarTodayNews Kota Pariaman – Dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur yang ada di Kabupaten Siak, Pemerintah Kabupaten Siak mengutus Kabag Tata Pemerintahan dan Kerjasama Irwan Syaputra, dan rombongan yang terdiri dari 20 peserta, 14 diantaranya adalah Camat yang ada di Kabupaten Siak Provinsi Riau, untuk melakukan study tiru tentang Penjaringan Informasi terkait dengan Inovasi dan KerjasamaDaerah.

Kedatangan mereka disambut dengan baik oleh Asisten II Setdako Pariaman Elvis Chandra, dan beberapa orang Kepala OPD yang ada di lingkungan pemerintahan Kota Pariaman, bertempat di Aula Pertemuan Balaikota Pariaman, Jumat (26/11).

Irwan Syaputra menyebutkan dalam pertemuan itu, bahwa tujuan mereka datang ke Kota Pariaman adalah selain dalam rangka menjalin silturahmi, mereka juga ingin menjaring informasi terkait dengan inovasi yang telah dikembangkan oleh Kota Pariaman.

Baca Juga  190 Kontingen, Ikuti Pawai Alegoris Pembangunan 2022

“Menurut pandangan kami selama ini Kota Pariaman cukup gencar dalam membuat inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, baik dalam bidang pemberdayaan maupun dalam hal pengentasan kemiskinan. Apalagi menurut hasil evaluasi terakhir dari Kemendagri beberapa hari terakhir ini, bahwa Kota Pariaman juga ditetapkan masuk peringkat 10 besar dalam lomba Innovative Government Award (IGA) 2021, yang diikuti oleh 39 Daerah yang ada di Indonesia”, Irwan Syaputra.

“Terkait dengan hal itulah kami memutuskan datang ke Kota Pariaman untuk belajar bagaimana caranya Pemerintah Kota Pariaman memanajemen inovasi sesuai dengan ketentuan OPD, sehingga OPD-OPD ini bersemangat untuk mengeluarkan inovasi mereka, dan dapat dimunculkan sebagai kategori Kota yang sangat inovatif dalam hal pelayanan kepada masyarakat berdasarkan hasil pengukuran dari Kemendari”, ungkap Irwan Syaputra.

Baca Juga  Upacara Pengibaran Bendera HUT RI ke-77 di Kota Pariaman Berlangsung Sukses

Irwan Syaputra juga mengugkapkan ada 3 inovasi unggulan Kota Pariaman, yang ingin mereka pelajari dari 87 inovasi Kota Pariaman yang dipresentasikan Walikota Pariaman Genius Uma,r dalam lomba IGA 2021 yang digelar di Jakarta pada tanggal 23-25 November 2021.

Tiga inovasi tersebut adalah Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja), Badoncek Sedekah Pagi (Basigi), dan inovasi Ternak Aman dan Peternak Nyaman (Tampan). Dengan adanya informasi terkait 3 inovasi ini, mereka juga akan mengadosinya dan akan diterapkan di Kabupaten Siak.

Menanggapi hal tersebut, Elvis Chandra memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Siak yang telah mau belajar dan mengadopsi inovasi tersebut untuk diterapkan di daerah mereka.

“Dengan adanya kunjungan ini kami berharap nantinya akan semakin terjalin kerjasama yang baik antara Kabupaten Siak dan Kota Pariaman, dan apa yang menjadi tujuannya akan tercapai sehingga pelayanan publik di Kabupten Siak bisa menjadi lebih baik lagi dengan inovasi-inovasi yang telah dipelajari dan diadopsi dari Kota Pariaman”, tegas Elvis Chandra. (tachi).

Bagikan

Tinggalkan Balasan