DINAS PERHUBUNGAN DHARMASRAYA BERBENAH MAKSIMALKAN PENERAPAN BLUE UNTUK TINGKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT

Dharmasraya, Sumbartodaynews.com  – Dinas perhubungan dharmasraya berbenah maksimalkan penerapan blue untuk tingkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah Kabupaten dharmasraya melalui dinas perhubungan terus berbenah dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Salah satunya Dinas Perhubungan (Dishub) dharmasraya yang akan menerapkan Bukti Lulus Uji secara Elektronik (BLU-e).

Sebelum Penerapan BLU-e dishub lakukan simulasi selasa (03/08/22) di Kantor dishub/ UPT Pengujian Kendaraan Bermotor jalan lintas sumatera gunung medan.
Kegiatan ini di pimpin lansung oleh Kadis Perhubungan Ramilus beserta jajaran.
Kadis dishub ramilus mewakil Bupati dharmasraya menyatakan, dengan penerapan BLU-e, dapat memudahkan mengontrol kondisi kendaraan dan kesesuaian kapasitas muatannya .

“Sistem elektronik ini akan menjadikan pelayanan kepada masyarakat lebih efisien dan efektif,” ucapnya.

Baca Juga  Sempat Vakum Dua Tahun, Antusias Peserta Pawai Alegoris di Agam Tahun Ini Tinggi

Sementara Kadishub dharmasraya mengatakan, BLU-e menggunakan sistem smart card yang lebih mudah dan efektif. Sebab, seluruh database kendaraan tersimpan secara elektronik dan dapat dibaca melalui aplikasi cek kir, baik secara online maupun offline melalui Near File Communication (NFC).

Kendaraan yang telah diuji kir, lanjutnya, akan mendapatkan sertifikat data teknis kendaraan, stiker berhologram dengan barcode serta terdapat nomor ujinya.

“Setiap wajib uji KIR akan dibekali smart card, tidak pakai lagi buku uji dan buku induk. Setiap kendaraan yang datang nanti menukar buku uji kirnya dengan kartu smart card,” ucap ramilus.

Ia menambahkan, perubahan layanan KIR itu tidak hanya kepada kendaraan lama. Kendaraan baru, mutasi, perpanjangan uji KIR (berkala) juga bisa mendapatkan smart card KIR sebagai pengganti buku lulus uji.

Baca Juga  Wali Kota Medan Bobby Nasution Langsung Memimpin High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah

“Ini merupakan kebijakan nasional melalui program Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub. Tujuan utamanya, yaitu untuk menghindari terjadinya kecurangan dalam melakukan uji KIR,” paparnya.

Sementara itu sekretaris dishub dharmasraya Atrizal menyamoaikan hal yang sama ,insya allah kedepannya dishub akan lebih baik lagi dalam melayanani masyarakat kita tuturnya.

# DIMETRI ROBBY

Bagikan

Tinggalkan Balasan