Dokter Dian: PAUD Tempat Menumbuhkan Karakter Anak

PADANG PANJANG, SumbarTodayNews – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tempat untuk beraktivitas bagi anak dalam menumbuhkan karakter mereka.

“Di PAUD inilah kita bisa menumbuhkan karakter anak yang berkualitas, sehingga menjadikan mereka generasi emas penerus bangsa,” sebut Bunda PAUD Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP saat melaksanakan pembinaan dan pendampingan PAUD Holistik dan Integratif (HI), Selasa (30/11).

Pembinaan kali ini berlangsung di Taman Kanak-Kanak Islam (TKI) Darul Fallah, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur dan TK Pertiwi, Kelurahan Bukit Surungan, Kecamatan Padang Panjang Barat.

Disebutkan Dokter Dian, dimasa PAUD ini, tidak diharuskan untuk anak-anak l bisa baca tulis untuk masuk Sekolah Dasar (SD). Malahan itu dilarang. Karena masa PAUD ini anak-anak diharapkan membentuk karakter, membiasakan diri mereka sehingga pada pendidikan selanjutnya mereka bisa berinteraksi dengan teman-temannya.

Saat ini, kata Dian, kita sudah mengadakan PAUD HI yang tidak hanya pembelajaran karakter, melainkan memiliki peran dalam mendukung pertumbuhan kebutuhan anak. Seperti pelayanan gizi dan kesehatan anak.

“Kita tidak hanya dituntut untuk mengajarkan karakter dan kepribadian saja kepada anak, tetapi juga mengajarkan bagaimana berperilaku sehat,” tambahnya.

Bunda PAUD mengingatkan kepada tenaga pendidik untuk bisa mengetahui peranan dan tugas yang akan diberikan kepada anak-anak sesuai dengan koordinasi dengan PAUD HI dan Puskesmas.

“Guru yang mengajar di PAUD ini tidak hanya pintar, namun harus benar-benar mengerti dengan karakter si anak serta bertutur kata yang lembut,” sebutnya.

Sementara itu Ketua Yayasan TK Pertiwi, Sri Hidayani Sonny Budaya Putra menyampaikan, TK Pertiwi ini adalah binaan dari Dharma Wanita Persatuan (DWP). Sampai saat ini peran DWP untuk TK ini sudah banyak. Mulai dari melakukan sosialisasi tumbuh kembang anak, mendata administrasi anak dan lain sebagainya.

#Givan/Hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan