DPK Olah 1.500 Eksemplar Buku Sebelum TPAT II-2022

0
buku
Padang Panjang, Sumbartodaynews.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) kejar target 1.500 eksemplar buku harus selesai diolah sebelum penyelenggaraan kegiatan Temu Penyair Asia Tenggara (TPAT) II-2022 dimulai.

Hal tersebut disampaikan Kepala DPK, Yan Kas Basri, S.E kepasa Kominfo, Kamis (3/11/2022).Sebanyak 1.500 eksemplar buku ini merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI dan tengah diolah dan dientrikan ke dalam database aplikasi Inlislite.

Bantuan tersebut terdiri dari buku anak-anak, keterampilan, teknologi, sains terapan, berbagai novel serta agama.

Disampaikan Yan, proses pengolahan bahan pustaka ini merupakan alur kerja Bidang Pengolahan Perpustakaan yang merupakan inti dari tugas perpustakaan.

Dikatakannya, pustaka yang masuk ke perpustakaan wajib diolah dengan baik agar proses temu kembali informasi nantinya berjalan lancar dan mewujudkan tertib administrasi.

Baca Juga  Bupati Tanah Datar Eka Putra Apresiasi Program Inovasi Yang Dilahirkan Oleh Kemenag Tanah Datar

“Ada empat kegiatan pokok dalam pengolahan bahan pustaka. Yaitu inventaris, klasifikasi, input data, labeling, dan shelving,” sebutnya.

Semua staf bahu-membahu mengerjakan buku ini, dengan target sebelum acara TPAT II-2022 dimulai, selesai diolah dan siap dilayangkan kepada pemustaka.

“Sejak bantuan buku dari Perpusnas datang, kami langsung mengolah dan mengentrikan buku-buku ini. Kami mengejar sebelum TPAT II-2022 dimulai,” ujarnya.

Wartawan : Ardi Syaputra/hms

***

Ikuti grup SUMBARTODAYNEWS untuk mendapatkan berita dan informasi terbaru daerah, nasional, dan internasional

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan