Gawat Jembatan Koto Hilir – Bulian Timpeh Menunggu Ambruk, Ini Kata Walinagari

0

DHARMASRAYA, SUMBAR TODAY NEWS COM —Walinagari Timpeh Febry gusneli yunus Datuak Mangku menyampaikan aspirasi warga nagari timpeh Jorong Koto hilir, Nagari Timpeh, kepada tim safari Ramadhan (TSR) III yang di pimpim oleh Wakil ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Ir. Adi Gunawan MM yang berkunjung di masjid Jami”, Jorong Koto Hilir, Nagari Timpeh, Kecamatan Timpeh, Rabu (29/03/2023)

Kepada TSR III Mangku menyampaikan keinginan masyarakat agar pemerintah segera memperbaiki kembali atau membangun ulang jembatan utama perkebunan masyarakat Nagari Timpeh yang menghubungkan Jorong Koto Hilir ke TSM Bulian.

“Jembatan ini sangat penting karena merupakan akses utama petani pekebun,” terang Mangku.

“Jembatan yang di prediksi : ciek kali banjir lai untuah ma” dan juga tebing dekat Surau Datuak Nanaro yang butuh sentuhan dan di prediksi ” kalau banjir di pastikan longsor” lama-lama ini bisa pondasi surau tergerus arus sungai. Oleh karena itu mengapa kami menyampaikan hal ini, karena memang sangat kami butuhkan dan biayanya dipastikan besar,” kata Dt. Mangku

Baca Juga  Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023 Ditetapkan Menjadi Perda

Dikesempatan yang sama juga hadir ketua Bamus Nagari Timpeh Syafrijon Dt. Paduko yang di dampingi oleh LPM Nagari Timpeh, Dimetri.

Dt. Paduko berharap eksekutif dan legislatif Dharmasraya dapat memberikan solusi terkait permasalahan jembatan kami. Paduko mengatakan “Sakali lai banjir,godang loh datang nyo,di pastikan untuah (ambruk), yo kan payah masyarakat kito lai kan manyaboang sungai, nan kini e nan jambatan ko lah oleng manunggu wakotu ji lai ka obah yo obah, po kan idak nan janbatan ko lah oleng manunggu kaputusan dari batang timpeh lai” terang DT. paduko.

Ketua TSR III Adi gunawan menyebut, pihaknya akan meneruskan aspirasi warga Nagari Timpeh kepada Pemda terkait.

Di kesempatan itu dan kebetulan hadir kepala BPBD Dharmasraya Eldison. S.T menurutnya akan menyampaikan hal tersebut ke Bupati Sutan Riska.

Baca Juga  BNPB Setujui Pasang 22 EWS di 11 Aliran Sungai

“Nanti akan kita laporkan secara resmi kepada pak bupati. Semua tim akan menyusun laporan terkait aspirasi apa yang disampaikan oleh masyarakat,” kata Eldison.

TSR III yang turun sejak sebelum berbuka puasa disambut antusias oleh warga Nagari Timpeh. Buka bersama di rumah orang tua Walinagari Timpeh dan shalat maghrib berjamaah digelar di surau kaum Dt. Manaro Suku Malayu rumah dalam . Selanjutnya shalat tarawih dan penyerahan bantuan yang dilaksanakan di Masjid Jami’.

Tampak hadir dalam acara Turba Ramadhan itu, selain TSR, juga TSR Kecamatan Timpeh yang diketuai Camat Timpeh Riski Rulien Putra S.STP., M.Si dan juga TSR Nagari Timpeh yang juga dipimpin langsung Wali nagari timpeh Febry Gudneli Yunus DT. Mangku. Dalam acara tersebut Katua TSR III Adi Gunawan menyampaikan berbagai pesan bupati Sutan Riska.

Diantara telah dibukannya pelayanan paspor di Pulau Punjung buah kerjasama Bupati Sutan Riska dengan Kanwil Kemenkumham Sumbar. Selain itu, adanya layanan dokumen kependudukan di nagari nagari untuk memudahkan masyarakat memperoleh dokumen kependudukan.

Baca Juga  Bangkit Pasca Bencana, Bupati Eka Putra Usulkan 22 Proposal Bantuan

Acara safari ramadhan diakhiri dengan ceramah yang disamaikan al ustadz prof. Dr. H. Hasan Zaini, MA dan juga penyerahan bantuan Bupati Sutan Riska untuk masjid setempat berupa uang tunai Rp. 10 juta, Alquran 10 buah, Karpet 1 helai dan alas mengaji dua buah. kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab.

# Dimetri piliang

Bagikan

Tinggalkan Balasan