Genius Umar “Setiap anak harus mulai mengenal pendidikan melalui PAUD sejak dini”

Kota Pariaman,Sumbartodaynews.com– Setiap anak yang ada di Kota Pariaman sudah harus mulai mengenal pendidikan melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sejak dini.

Hal ini disampaikan Walikota Pariaman, Genius Umar, ketika meletakan batu pertama Pembangunan Gedung PAUD Desa Naras I, yang berlokasi di Lapangan Sholat Idul Fitri, Kanagarian III Koto Naras, Kecamatan Pariaman Utara, Jum’at (10/09/2021).

Genius menjelaskan, pendidikan merupakan sebuah proses yang penting yang ditulis dalam tujuan negara yang tertuang dalam undang-undang dasar yakni upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, begitu juga dengan tugas daerah yang ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, di mulai dari tingkat desa/kelurahan, ulasnya.

“Pemerintah mengajak serta semua lapisan masyarakatnya untuk ikut dalam mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan anak usia dini yakni melalui PAUD, dan kami harapkan, seluruh desa/kelurahan di Kota Pariaman sudah harus memiliki PAUD,” tuturnya.

Lebih lanjut lulusan S3 IPB ini mengatakan bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) didorong untuk meningkatkan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai wujud untuk menyiapkan sumber daya manusia sejak dini. Dasarnya adalah Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimal bagi Layanan PAUD.

“Maka PAUD menjadi salah satu layanan pendidikan yang wajib diselenggarakan oleh pemerintah daerah, karena itu semua anak-anak desa/kelurahan harus kita pastikan belajar di PAUD dengan metode pembelajaran yang mudah dipahami, menarik, menggunakan alat peraga dan langsung dipraktekan,” tukasnya.

Afdhal/Hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan