Hadiri Pencanangan Tahun Kunjungan Wisata Sumatera Barat, Wabup : Tanah Datar Siap Mendukung

Tanah Datar, Sumbartodaynews – Hadiri Pencanangan Tahun Kunjungan Wisata Sumatera Barat, Wabup : Tanah Datar Siap Mendukung. Pencanangan Tahun Kunjungan Wisata Sumatera Barat Tahun 2023 resmi diluncurkan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Kamis (9/12/2021) di aula kantor Perwakilan Bank Indonesia di Padang.

Pencanangan yang mempunyai Tagline “Visit Beautiful West Sumatera 2023” dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian didampingi beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Kegiatan yang turut dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno secara virtual dan Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi juga secara virtual serta dihadiri Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar Wahyu Purnama dan Bupati/Walikota se Sumatera Barat.

Selain pencanangan tahun kunjungan, juga dilaksanakan penandatanganan Komitmen Sumbar Bersih dan Sumbar Ramah. Kemudian penandatangan roadmap Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) bagi seluruh kabupaten/kota se Sumbar. Serta penandatangan Nota Kesepakatan Pembangunan Desa Wisata antara BI dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan Pemerintah Kota Pariaman.

Baca Juga  Buka Musda XII LKAAM Tanah Datar Bupati Eka: Peran LKAAM Sangat Diharapkan Merangkul Anak Kemanakan

Gubernur Mahyeldi menyampaikan, pariwisata menjadi salah satu program prioritas Pemprov Sumbar.

“Sumbar memiliki potensi pariwisata alam, budaya dan ekonomi kreatif yang sangat kaya. Potensi kalau diolah dan dimanfaatkan secara maksimal dapat meningkatkan perekonomian,” katanya.

Hal sama disampaikan kepala perwakilan BI Sumbar Wahyu Purnama, ia menyampaikan BI siap mendukung program kepariwisataan Pemerintah Daerah.

“BI sebagai Mitra Pemerintah Daerah berkomitmen mendukung kepariwisataan di Sumbar, melalui penelitian strategi pengembangan pariwisata, pendampingan UMKM pendukung pariwisata dan fasilitasi kegiatan pariwisata,” ujarnya.

Sementara itu Wabup Richi Aprian selepas acara menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mendukung dan sukseskan program Sumbar Bersih dan Sumbar Ramah serta Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

Baca Juga  Penerapan Standar Manajemen Mutu Benih Buah Tropika, Wabup Richi Aprian Buka Bimtek

“Kita siap berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar dan BI untuk sukseskan Sumbar Bersih dan Sumbar Ramah, baik secara infrastruktur pariwisata ataupun pembenahan pendukung pariwisata lainnya,” katanya.

Di kesempatan itu Richi juga menyampaikan apresiasi dan bangga atas prestasi Nagari Sumpur Kecamatan Batipuh Selatan yang menjadi Desa Wisata peringkat IV dari 5 terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 kategori souvenir, dimana souvenir yang dikembangkan berbentuk kuliner rendang sumpu, abon sumpu, kue bawang, panganan ikan bilih dan ada juga berbentuk sulaman jenis jaitan kapalo samek.

“Alhamdulillah, atas prestasi Nagari Sumpur, BI menjalin kerjasama dengan Pemkab Tanah Datar untuk pembangunan desa wisata, tentu ini menjadi kebanggaan dan disambut baik, karena hanya Tanah Datar dan Kota Pariaman yang memperoleh kesepakatan bersama BI,” tukasnya.

Baca Juga  SUTAN RISKA JADI PEMBINA UPACARA HUT PGRI KE 77 DI KABUPATEN DHARMASRAYA

DR/hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan