Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Kakanwil: ASN Kemenkumham Sumbar Harus Berperan Wujudkan Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila

Padang SumbarTodayNews Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Kakanwil: ASN Kemenkumham Sumbar Harus Berperan Wujudkan Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila, Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual. Kakanwil R. Andika Dwi Prasetya, Kadiv Administrasi Susilo Purwanto, Kadiv Pemasyarakatan M Ali Syeh Banna dan Kadiv Keimigrasian Syamsul Efendi Sitorus beserta Pejabat Administrasi di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumbar mengikuti peringatan tersebut di Aula Pengayoman Kanwil, Jumat (1/10). Sementara itu, seluruh ASN di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Sumbar mengikuti kegiatan secara virtual dari satuan kerja maupun kediaman masing-masing.

Tema Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini adalah “Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila”. Seperti tahun sebelumnya, upacara dilaksanakan secara khidmat dan sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Upacara disiarkan secara langsung dari Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, dengan Presiden Joko Widodo selaku Inspektur Upacara.

Baca Juga  PT PLN (Persero) terus berupaya memulihkan jaringan listrik yang terdampak erupsi Gunung Semeru

Dalam upacara tersebut Ketua DPRD RI membacakan teks Pancasila. Selanjutnya, pembacaan naskah UUD tahun 1945 oleh Ketua MPR RI dan Ketua DPR RI kemudian membacakan ikrar yang menggemakan semangat ideologi nilai luhur Pancasila dalam memperkokoh kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Menteri Agama. Dilanjutkan dengan salam kebangsaan ditandai dengan penghormatan kepada bendera negara diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Seusai pelaksanaan Upacara Virtual, Kakanwil menyampaikan arahan pada hadirin yang hadir pada upacara ini. Kakanwil menyampaikan bahwa sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang merupakan salah satu elemen penting dalam penyelenggaraan negara, ASN di lingkungan Kemenkumham Sumbar wajib berperan sebagai perekat dan pemersatu bangsa dengan cara menjunjung nilai-nilai Pancasila dan menunjukkan perilaku setia dan taat kepada Pancasila.

Baca Juga  Korpri TNI AD Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur

“Bila setiap langkah dan hembusan napas kita dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari telah menjalankan hal yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, maka Indonesia akan bisa mewujudkan keinginan sebagai Bangsa yang Tangguh dengan berlandaskan Pancasila”, ujar Kakanwil.

Givan/Hms

Bagikan

1 thought on “Ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Kakanwil: ASN Kemenkumham Sumbar Harus Berperan Wujudkan Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila

Tinggalkan Balasan