Jadi Kurir Narkoba Dua Anggota TNI Divonis Seumur Hidup

0

Jadi Kurir Narkoba Dua Anggota TNI Divonis Seumur Hidup

Sumbartodaynews – Dua anggota TNI AD Serka AM dan Serma TM divonis bersalah oleh Pengadilan Militer 1-05 Pontianak. Keduanya dijatuhi hukuman penjara dan pemecatan dari dinas militer, Kamis 10 Agustus 2023.

Sidang kasus 20 kilogram sabu dengan agenda pembacaan vonis itu dipimpin langsung oleh Hakim Ketua, Kolonel CHK Setyanto Hutomo. Hakim menyatakan bahwa Serka AM dan Serma TM terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana narkotika.

Humas Pengadilan Militer 1-05 Pontianak, Mayor CHK Erman Noor Fajar mengatakan bahwa pembacaan putusan telah disampaikan majelis hakim secara terbuka dan untuk umum dan bisa didengar seluruh masyarakat atau yang hadir dalam persidangan tersebut.

Terdakwa Serka AM dan Serma TM terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana yang di mana setiap orang yang tanpa hak dan melawan hukum menguasai narkotika golongan 1 bukan tanaman melebihi 5 gram yang dilakukan secara¬† bersama-sama,” katanya.

Terdakwa Serka AM divonis penjara seumur hidup dan pidana tambahan dipecat dari dinas militer. Sedangkan Serma TM dipidana penjara 10 tahun, denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan dan pidana tambahan dipecat dari dinas militer, terangnya.

“Barang bukti ada yang disita untuk dimusnahkan dan ada dikembalikan kepada yang berwenang. Kemudian untuk kedua terdakwa Majelis Hakim memerintahkan untuk tetap dalam penahanan,” jelas Mayor

Setelah mendengar vonis dari majelis hakim Pengadilan Militer 1-05 Pontianak, para terdakwa menyatakan pikir-pikir menerima atau banding atas putusan majelis hakim tersebut.

“Sedangkan untuk Oditur dengan jelas menyatakan kepada majelis hakim mengajukan banding setelah putusan dibacakan untuk kedua terdakwa,” pungkas Erman.

Sebelumnya, Oditurat Militer menuntut dua terdakwa yang merupakan prajurit TNI AD dengan tuntutan pidana penjara serta dipecat dari kedinasan TNI AD. Kedua anggota TNI AD tersebut diyakini bersalah dan terbukti sebagai kurir yang membawa sabu sebanyak 20 kilogram.

Dua anggota TNI AD tersebut sebelumnya ditangkap oleh tim gabungan Polda Kalbar dan Bea Cukai saat membawa 20 bungkus narkoba jenis sabu pada Minggu 5 Februari 2023 dini hari.  Keduanya ditangkap di pinggir jalan di Jalan Panglima Aim, Kelurahan Tanjung Hulu, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak.

Setelah menjalani proses penyelidikan di Pomdam XII Tanjungpura dan melalui tahapan persidangan di Pengadilan Militer Pontianak, Oditurat Militer kemudian membacakan tuntutan terhadap kedua terdakwa.

Berdasarkan pemeriksaan saksi serta barang bukti kedua terdakwa diyakini melakukan dan bersalah dalam pengiriman sabu sebanyak 20 kilogram dari Malaysia ke Indonesia melewati perbatasan di Kabupaten Sambas.

Adapun AM dalam proses persidangan diketahui setidaknya telah 6 kali melakukan pengiriman sabu dari Malaysia yang diambilnya dari Sambas.

(*)

***

Klik Disini Untuk Bergabung Bersama Fanpage SUMBARTODAYNEWS Agar Tidak Ketinggalan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional.

Klik Disini Untuk Mengikuti Grup SUMBARTODAYNEWS Untuk Selalu Update Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

Klik Disini Untuk Mengikuti Twitter SUMBARTODAYNEWS Untuk Mendapatkan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

***

Tinggalkan Balasan