Tradisi “satu permintaan” di Festival Tanabata.

 

Tradisi “satu permintaan” di Festival Tanabata.
Foto: Tradisi “satu permintaan” di Festival Tanabata.

Sumbartodaynews.com, Jepang – Jepang tidak memiliki tradisi membuat permintaan saat Anda meniup lilin di kue ulang tahun. Namun setiap orang memiliki kesempatan mendapatkan satu permintaan dalam setahun di Festival Tanabata.

Tanabata juga sebagai Festival Bintang, berasal dari cerita rakyat penggembala sapi dan putri penenun. Menurut cerita, pasangan itu, yang diwakili oleh bintang Altair dan Vega, dipisahkan oleh Bima Sakti, dan diizinkan untuk bertemu satu sama lain hanya satu malam dalam setahun, pada 7 Juli.

Akhirnya, Tanabata menjadi hari yang dirayakan seluruh masyarakat Jepang, sehingga mereka menulis keinginan di selembar kertas kecil yang disebut tanzaku dan mengikatnya ke sebatang bambu dengan harapan akan menjadi kenyataan.

Baca Juga  Penerapan Standar Manajemen Mutu Benih Buah Tropika, Wabup Richi Aprian Buka Bimtek

Membuat permintaan Tanabata, sangat populer di kalangan anak muda di Jepang, sehingga aplikasi keyboard Simeji baru-baru ini melakukan survei yang menanyakan kepada orang Jepang berusia antara 10 dan 19 tahun tentang keinginan Tanabata 2021 mereka.

Dari 3.544 permintaan yang terkumpul, inilah 10 besar keinginan mereka di 2021:
1. Agar pandemi Covid-19 berakhir
2. Agar keluarga sehat
3. Agar segera punya pacar
4. Agar bisa bersenang-senang setiap hari
5. Agar berat badan turun
6. Agar tumbuh lebih tinggi
7. Agar impian masa depan jadi kenyataan
8. Agar mendapat nilai bagus di sekolah
9. Agar lulus ujian masuk ke sekolah pilihan pertama
10. Agar tercipta perdamaian dunia.

Baca Juga  Wabup Bengkulu Selatan Ikut Dalam Rapat Paripurna TMMD ke -43

Keinginan pandemi Covid segera berakhir menjadi permintaan teratas seluruh anak muda di Jepang. Karena siapapun pasti jenuh dengan keadaan ini.

Sementara di kalangan anak remaja putri, mereka banyak yang menginginkan bertubuh langsing dan ideal serta cepat memiliki pacar.

Ricky/Pung

Bagikan

Tinggalkan Balasan