JIBB 2021, Wujudkan DIY sebagai Ibu kota Batik Dunia

SumbarTodayNews  JIBB 2021, Wujudkan DIY sebagai Ibu kota Batik Dunia,, Dalam rangka mewujudkan Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia (World Batik City), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DIY menyelenggarakan acara Jogja Internasional Bienalle Batik Festival (JIBB) tahun 2021 secara virtual diikuti oleh 25 negara dari berbagai belahan dunia dengan tema “Jogja Membatik Dunia”, Sabtu (06/11).

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Ny. Emi Masruroh Halim, S.Pd beserta jajaran OPD Kabupaten Bantul menghadiri acara tersebut dari Pendopo Kampung Batik Giriloyo Wukirsari, Imogiri bersama dengan 39 pembatik perwakilan IKM se-Kabupaten Bantul binaan Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul yang juga turut memeriahkan acara tersebut.

Presiden RI yang diwakili oleh Menteri Koperasi dan UKM Drs. Teten Masduki menyampaikan motif batik Ceplok Mangkoro berasal dari bagian belakang penutup kepala atau sumping pewayangan jawa. Jogja Membatik Dunia merupakan kegiatan ritual budaya sebagai wujud harapan dan doa bagi keselamatan dunia yang dilambangkan dengan motif Mangkoro yang bermakna tolak bala.

“Mangkoro berarti ora ana sekara-kara, bermakna tidak ada halangan dan rintangan. Menorehkan Ceplok Mangkoro dalam batik adalah wujud doa untuk menolak musibah. Kegiatan ini merupakan doa agar dunia segera pulih dari pandemi, sekaligus sebagai pertanyaan untuk posisi Jogja sebagai Ibukota Batik Dunia,” terangnya.

Batik merupakan bukti mahakarya produk tradisi Indonesia, mahamakna dengan filosofi yang mengakar. Pada tahun 2009, UNECSO menetapkan batik Indonesia sebagai bagian dari warisan peradaban dunia.

Selanjutnya, acara dibuka oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan menggoreskan cantingnya pada motif batik Ceplok Mangkoro dilanjutkan dengan menyapa beberapa pembatik dari berbagai negara yang bergabung secara virtual di antaranya dari Malaysia, Afrika Selatan, Ceko, Perancis, Jepang, Belgia, Inggris, Australia, Bahrain, dan Korea.

Setelah rangkaian acara JIBB selesai, Bupati Bantul bersama Ketua TP PKK menyempatkan diri untuk menyapa 39 pembatik yang sedari tadi membatik saat berlangsungnya acara bertempat di Gazebo Batik Giriloyo.

Givan/Hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan