Joko Widodo Dijadwalkan Kunjungi Sumatera Barat

0

 

Bulan Depan Joko Widodo Dijadwalkan Kunjungi Sumatera Barat

Sumbartodaynews.com – Presiden Republik Indonesia  Joko Widodo dijadwalkan kunjungi Sumatera Barat bulan Oktober mendatang. Orang nomor satu di Indonesia itu diagendakan berkunjung ke Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat, Gustrizal menyebut, kedatangan Presiden dalam rangka melihat secara langsung perkembangan penanganan korban terdampak pasca gempa yang mengguncang Pasaman beberapa waktu lalu, serta membawa bantuan untuk korban terdampak dengan kategori rumah rusak berat.

“Sesuai rencana, korban gempa dengan kartegori rusak berat akan dibantu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp 50 juta,” ungkap Gustrizal.

Ditambahkannya, menyambut kedatangan Joko Widodo nanti perlu dipersiapkan segala sesuatu, terutama segala hal yang berkaitan dengan penanganan gempa, serta penyaluran dana bantuan untuk rumah yang rusak berat sebanyak 1.112 unit. Namun yang disetujui oleh BNPB sebanyak 1.111 unit.

Selain itu rumah dengan ketegori rusak sedang sebanyak 1.171 unit akan dibantu oleh pemerintah provinsi Sumatera Barat, dan rumah kategori rusak ringan dibantu oleh pemerintah daerah, sesuai dengan kemampuan keuangan kabupaten, ungkapnya.

Diketahui gempa dengan kekuatan 6,1 dalam skala magnitudo pada kedalaman 10 km mengguncang kabupaten Pasaman pada Jum’at 25 Februari 2022.  Bencana ini mengakibatkan 27 orang meninggal dunia, ratusan orang mengalami luka-luka serta ribuan rumah mengalami kerusakan. Menurut laporan guncangan gempa tidak hanya dirasakan warga Sumatera Barat saja namun meluas hingga ke Malaysia.

(*)

Bagikan

Tinggalkan Balasan