Kepengurusan Cabang Gerakan Pramuka Bantul 2021-2026 Resmi Dilantik

Bantul SumbarTodayNews Kepengurusan Cabang Gerakan Pramuka Bantul 2021-2026 Resmi Dilantik, Bertempat di Pendopo Manggala Komplek Pemda II Manding, Sekretaris Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY drh. Sri Budoyo mewakili Ketua Kwarda DIY GKR Mangkubumi melantik Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Bantul. Jumat (01/10/2021).

Mengacu pada Surat Keputusan Ketua Kwarda DIY Nomor 20 tahun 2021, Bupati Bantul sebagai Kamabicab didampingi Wakil Bupati Bantul menjabat sebagai Wakil I, Ketua DPRD Bantul sebagai Wakil II, Komandan Kodim 0729/Bantul sebagai Wakil Ketua III dan Kapolres Bantul sebagai Wakil Ketua IV dengan masa bakti tahun 2021-2026.

Adapun susunan pengurus dan anggota-anggota Mabicab Gerakan Pramuka Bantul juga tercantum dalam SK tersebut. Sedangkan pelaksana harian diemban oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul.

Ketua Kwarda DIY melalui drh. Sri Budoyo menjelaskan bahwa Gerakan Pramuka memiliki peran serta dalam mensukseskan pembangunan. Namun, Kwarda telah mengidentifikasi ancaman bagi organisasi gerakan pramuka di DIY, secara umum antara lain kualitas dan kuantitas anggota kurang kompeten dan belum mencukupi, majelis pembimbing belum optimal dalam pelaksanaan tupoksinya, belum optimalnya peran kwartir, menurunnya patriotisme dan nasionalisme bela negara, etika dan moral, perkembangan perilaku hidup konsumtif dan perilaku yang tidak sesuai norma-norma budaya, kurangnya keterlibatan pimpinan lembaga pendidikan formal dan tenaga pendidik satuan pendidikan formal serta penyalahgunaan teknologi informasi.

Baca Juga  Kapolres Labuhanbatu menghadiri peringatan hari keluarga Nasional ke-29 dan pencangan Baksos TNI manunggal bangsa kencana Kesehatan terpadu

” Untuk itu saya mengimbau kepada Kakak-kakak sekalian untuk bersama-sama untuk menentukan langkah-langkah strategis guna mengatasi permasalahan tersebut. Sudah saatnya para pemikir pendidikan bangsa memperhatikan lebih dalam mengenai kelemahan dan ancaman tersebut dan memutuskan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk dapat mengejar kemajuan dengan tetap menerapkan nilai-nilai luhur bangsa kita,” ucap Sri Budoyo.

Hal tersebut sesuai dengan Satya Pramuka kedua yang berbunyi menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat. Di samping itu, tujuan mulia pendidikan kepramukaan ialah untuk membentuk kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berkecakapan, taat hukum dan disiplin, menjadi modal spirit dalam berkarya dan berbakti.

“Kesuksesan Kwartir Cabang Bantul, saya harapkan diikuti keberhasilan penyusunan rencana kerja 5 tahun kedepan yang menggambarkan langkah-langkah strategis Kwartir Cabang Bantul dalam menghadapi tantangan dan permasalahan dengan berbagai program pengembangan kepramukaan,” tambahnya.

Selanjutnya Bupati Bantul selaku Kamabicab melantik Hj. Emi Masruroh, S.Pd., sebagai Ketua Kwartir Cabang Bantul mengacu pada Surat Keputusan Ketua Kwarda DIY nomor 21 tahun 2021, dan Kusmardiono, S.Sos, M.Acc., sebagai Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Cabang Bantul mengacu pada Surat Keputusan Ketua Kwarda DIY Nomor 22 tahun 2021.

Baca Juga  Ketua DPRD pariyanto SH hadiri pengukuhan paskibraka dharmasraya tahun 2022.

” Atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul dan selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Bantul, kami mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada seluruh jajaran pengurus Gerakan Pramuka kwartir Cabang Bantul yang memasuki masa purna bhakti (2016-2020), atas dedikasi dan pengabdian serta perjuangannya untuk membina generasi muda bangsa melalui gerakan pramuka. Melalui amanah estafet kepemimpinan ini kami berharap akan dapat dilanjutkan, membawa Gerakan Pramuka Bantul untuk dapat tumbuh dan berkembang,” tutur Bupati.

Sejalan dengan hal tersebut, melalui kepengurusan yang baru ini Bupati Bantul meminta dukungan kepada seluruh stakeholder di Kabupaten Bantul agar diberikan spirit dan juga kolaborasinya guna mengembangkan Gerakan Pramuka menjadi pioner pembinaan generasi muda.

Diawali dengan bersama-sama membentuk dan menghidupkan serta meningkatkan kualitas Gugus Depan dan Kwartir Ranting sebagai wahana pendidikan karakter bangsa, bersama-sama berjuang dengan gigih dengan kekompakan, kepemimpinan serta kerja keras dan tekad menggelorakan semangat Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Baca Juga  Ketua DPRD pariyanto SH hadiri pengukuhan paskibraka dharmasraya tahun 2022.

” Dengan begitu Gerakan Pramuka InsyaAllah akan terus mampu menjadi agen perubahan dan menjadi salah satu pilar pendidikan bagi generasi muda serta akan menjadi wahana untuk membentuk karakter generasi penerus bangsa kita menjadi generasi yang memiliki akhlak kepribadian yang luhur dan mulia, cerdas, unggul, tangguh, kreatif dan inovatif, mandiri, tetap bersatu, memiliki sikap toleran, serta siap bersaing di era global, termasuk di dalamnya dalam konteks keadaan pandemi saat ini, ikut ambil bagian dalam menghadapi Covid-19 dengan inovasi kegiatan yang disesuaikan dengan situasi saat ini, ” pungkas Bupati Bantul.

Givan/Hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan