Kesbangpol Solsel Gelar Sosialisasi P4GN, Untuk Jauhi Narkoba

0

SumbarTodayNews Padang Aro – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Solok Selatan mengadakan Sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN bagi pelajar SMA/SMK se-Solok Selatan yang dilaksanakan di Aula Sarantau Sasurambi (24/11/2021).

Kepala Kesbangpol Zulhendra Wilson mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta tentang bahaya pengaruh Narkoba. Diharapkan dengan terselenggaranya sosialisasi ini berguna untuk membina dan membentuk, mendidik, serta mendorong generasi muda agar memiliki karakter, mental dan moral yang jauh dari narkoba.

Data yang ada di Badan Narkotika Nasional (BNN) menyebutkan bahwa tidak satupun kabupaten/kota di Indonesia yang bebas dari masalah Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba.

Berdasarkan hasil survei Pravalensi penyalahgunaan Narkoba yang dilakukan BNN dan Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya LIPI, tentang Survey Nasional Penyalahgunaan Narkoba di 34 Provinsi Tahun 2019, diketahui bahwa Angka Prevalensi Penyalahgunaan Narkoba di Indonesia telah mencapai 1,8 % atau sekitar 3,4 Juta jiwa, dan berada pada rentang usia 15-54 Tahun.

Menyikapi hal ini, Pemerintah secara tegas dan terbuka telah menyatakan arah dan kebijakan yaitu perang melawan narkoba/war to drug.

Staf Ahli Bupati Nofrizon mengatakan, Mari kita bersama menyamakan persepsi dan pemahaman atas cara pandang (mindset) terhadap Penyalahguna Narkoba, mari kita ubah pandangan terhadap mereka dan kita bulatkan tekad bersama, untuk berjuang dengan gigih untuk memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di Solok Selatan. Sehingga daerah kita makin aman dan bebas dari Narkoba, tuturnya.

Peran dan kontribusi masyarakat dalam upaya mencegah dan menyelamatkan pengguna Narkoba sangat penting. Kita dapat memulai dari lingkungan keluarga yang merupakan langkah awal dalam membangun gerakan nasional mewujudkan hidup sehat tanpa Narkoba. Langkah ini dapat kita lakukan dengan membangun budaya saling asah, asuh, asih dalam keluarga, tambahnya.

Acara ini juga dihadiri oleh jajaran Kajari Solok Selatan dan Narasumber BNN Sumatera Barat.

Givan/Hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan