Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya Himbau Sukseskan PENAS Tani Nelayan ke XVI

0

Dharmasraya, sumbartodaynews com — Ketua DPRD kabupaten Dharmasraya sekaligus Wakil ketua umum Adkasi Pariyanto SH mengatakan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI Tahun 2023 merupakan kegiatan untuk memotivasi dan menggairahkan petani,nelayan, petani hutan serta masyarakat pelaku Agribisnis dalam Pembangunan Sistem dan usaha Agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan sekaligus jadi ajang mempromosikan sektor pariwisata daerah.

Pariyanto apresiasi kegiatan ini dan katakan:

“Penas Tani sangat strategis mempromosikan potensi kita kabupaten Dharmasraya Bukan hanya di bidang pertanian dan peternakan, akan tetapi juga budaya dan pariwisata kata kader sekaligus politisi partai PDI perjuangan Dharmasraya. Jumat(09/06/23).

Baca Juga  Acara Pisah Sambut Korlap KB Tanjung Emas di Hadiri Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra

Ia juga katakan ke awak media sumbartoday.news.com bahwa kegiatan ini berlangsung tanggal 10 hingga 15 Juni 2023 tersebut, kata dia diperkirakan akan dihadiri ribuan orang termasuk Presiden Joko Widodo dan perwakilan negara negara Asean. Oleh karena itu, momen itu harus dimanfaatkan juga oleh pemerintah daerah kabupaten kita untuk mempromosikan berbagai potensi daerah, seperti perkebunan , pertanian, sektor pariwisata dan budaya dan lain-lain.

Ini ajang silahturahmi akbar petani dan nelayan seluruh indonesia dan juga forum unjuk gigi inovasi serta teknologi pertanian, rembuk tani.diskusi terkait pembangunan pertanian dan ajang dipertemukannya petani on farm dari hulu sampai hilir dan output temu bisnisnya kontrak farming, peningkatan kapasitas pangan dan membangun lumbung pangan.

Baca Juga  Pisah Sambut Korlap KB Tanjung Emas di Hadiri Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra

” Melalui tema PENAS yaitu memantapkan penguatan potensi dan posisi tawar komoditi lokal untuk Mewujudkan kemandirian pangan berkelanjutan menuju indonesia lumbung pangan Dunia 2045″.

“Akan ada manfaat jangka pendek dan jangka panjang nanti yang bisa kita dapat” tutup pariyanto.

# sonia chaniago

Bagikan

Tinggalkan Balasan