KKN-TMB COVID-19 UNIVERSITAS BUNG HATTA PADANG 2021 “MELAKUKAN SOSIALISASI TENTANG PENGGUNAAN LAMPU HEMAT ENERGI”

PASAMAN,Sumbartodaynews.com – Pandemi virus corona tidak menghalangi bagi kegiatan pendidikan dan pengabdian dalam masyarakat bagi mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang. Selama ini kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengharuskan mahasiswa berbaur dengan warga di daerah-daerah yang biasanya di tentukan oleh pihak kampus.Tetapi sekarang mahasiswa ber KKN di kampung halaman masing – masing dengan melakukan program kerja nya secara individu.

Rio Gatra Rahmendra  dari prodi Teknik Elektro melakukan kegiatan KKN-TMB (Tematik Mitigasi Bencana) Covid-19 dimulai pada tanggal 14 Agustus – 14 September 2021, di Kenagarian Tanjung Beringin , Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat. Salah satu program pokok KKN yang dilaksanakan adalah tentang sosialisasi penggunaan lampu hemat energi. Dimana ,menggunakan lampu hemat energi ini memiliki tujuan untuk mengurangi pembengkakan biaya bulanan listrik. Lampu yang disarankan digunakan yaitu lampu LED ( Light Emitting Diode).

Banyak alat atau perangkat elektronik sehari-hari yang terus-menerus menggunakan daya listrik. Tanpa kita sadari, beberapa alat atau perangkat elektronik yang sehari-hari kita gunakan ternyata tetap menggunakan daya listrik walau sedang tidak digunakan. Bisa dibayangkan bagaimana jika daya listrik yang terus terpakai tanpa kita sadari tersebut terakumulasi setiap harinya. Untuk itu, kita perlu mencermati mulai dari hal-hal sederhana tersebut agar daya listrik yang digunakan tetap hemat dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Baca Juga  MOMEN BERSEJARAH : NY. DEWI SUTAN RISKA IKUTI KONGRES BUNDO KANDUANG SE-DUNIA

Light Emitting Diode atau yang sering disingkat LED merupakan sebuah komponen elektromagnetik yang dapat memancarkan cahaya monokromatik melalui tegangan maju. LED terbuat dari bahan semi konduktor yang merupakan keluarga dioda. LED dapat memancarkan berbagai warna, tergantung dari bahan semikonduktor yang digunakan. LED juga dapat memancarkan cahaya inframerah yang tak tampat, seperti pada remote TV.

Dikarenakan teknologi LED yang dapat menghasilkan cahaya tanpa menimbulkan panas, sehingga banyak digunakan dalam berbagai perangkan elektronik. Terdapat juga kelebihan LED lainnya yaitu tahan lama, tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, dan hemat listrik serta bentuknya yang kecil. LED sangat popular dalam bidang pencahayaan.

Sebagian besar pengguna lampu LED di Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumbar, masih banyak masyarakat menggunakan lampu pijar dibandingkan lampu LED. Hal ini mendorong seorang mahasiswa jurusan Teknik Elektro untuk melakukan sosialisasi tentang menggunakan lampu hemat energi, yang ber KKN di Nagari Tanjung Beringin,Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumatera Barat, dengan arahan langsung dari dosen pembimbing lapangan kelompok 69 yaitu Ibu Dr.Ir.Haryani,MTP.

Baca Juga  Korpri TNI AD Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur

Cara menghemat listrik yang dapat dilakukan pada tahap awal adalah dengan mengganti lampu biasa dengan lampu LED. Walaupun harganya lebih mahal dibandingkan dengan lampu bohlam biasa, namun ternyata lampu LED 7 watt merek tertentu setara dengan bohlam 60 watt. Bahkan saat ini sudah tersedia lampu LED yang dilengkapi dengan teknologi pengoperasian nirkabel yang dapat Anda aktifkan sesuai dengan pengaturan yang diinginkan. Jadi, walaupun Anda harus merogoh kocek lebih, namun Anda bisa mendapatkan pencahayaan terang dengan konsumsi listrik yang lebih hemat dibandingkan dengan lampu bohlam biasa.Jadi penggunaan lampu LED dapat mengurangi biaya bulanan listrik yang sering membengkak.

Berikut beberapa kelebihan menggunakan lampu LED dibandingkan Lampu Pijar/ Bohlam biasa ,yaitu Umur led lebih panjang dibandingkan lampu bohlam biasa, lebih ramah lingkungan ,dalam secara desain pun lebih fleksibel            ,dapat beroperasi pada tegangan yang rendah, tidak menghasilkan UV, dan keamanan menggunakan lampu LED lebih terjamin. Lampu LED memiliki daya yang menghabiskan 90% listrik lebih rendah daripada lampu bohlam atau lampu lainnya. Lampu LED menghasilkan panas yang lebih rendah dan dapat mengurangi temperatur dalam rumah dan mengurangi beban dan air conditioner. Dengan memakai lampu LED, tentu saja kamu dapat mengurangi tagihan listrik dan menghemat lebih banyak uang.

Baca Juga  PT PLN (Persero) terus berupaya memulihkan jaringan listrik yang terdampak erupsi Gunung Semeru

“Setelah melakukan sosialisasi tentang penggunaan lampu hemat energi ini mudah-mudahan dapat merubah masyarakat menggunakan lampu yang hemat energi seperti lampu LED yang saya sarankan untuk dapat menghemat pengeluaran biaya bulanan listrik masyarakat nagari Tanjung Beringin, Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumatera Barat” Ujar Rio Gatra Rahmendra Mahasiswa KKN dari Universitas Bung Hatta Padang Jurusan Teknik Elektro itu.

Rio Gatra Rahmendra

Bagikan

Tinggalkan Balasan