Komisi III DPRD Pessel Mengurai Sengkarut Incasi Raya

Komisi III DPRD Pessel Mengurai Sengkarut Incasi Raya
Komisi III DPRD Pessel Mengurai Sengkarut Incasi Raya

Pessel,Sumbartodaynews – Jumat sore, 27 Agustus 2021, kami Komisi III DPRD Kabupaten Pesisir Selatan melakukan tinjauan lapangan ke kebun dan pabrik kelapa sawit PT Incasi Raya Sodetan POM di Muara Sakai Inderapura, Kecamatan Pancung Soal.

Ini merupakan tindak lanjut dari rapat dengar pendapat dengan OPD terkait soal pengaduan masyarakat setempat.

Alhamdulillah, manajemen Incasi Raya berjanji akan melanjutkan normalisasi (pembersihan dari Eceng Gondok) sungai Batang Sindang yang sudah mengganggu habitat Lokan (kerang sungai).

Jembatan penyeberangan ke kebun-kebun kepala sawit milik masyarakat akan diganti dengan ponton drum.

Dengan demikian, aliran air sungai akan lancar kembali dan Lokan kembali berkembang biak, dan aktivitas masyarakat ke kebun tetap lancar.

Baca Juga  PT PLN (Persero) terus berupaya memulihkan jaringan listrik yang terdampak erupsi Gunung Semeru

Terkait sepadan sungai, 50 meter kiri kanan sungai, yang sudah ditanami kepala sawit, setelah nanti tidak produktif lagi akan dijadikan lahan konservasi.

Baca juga: Mardison Mahyuddin ikuti Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Pariaman

Sepadan sungai tersebut akan dihutankan kembali, supaya kembali berfungsi sebagai ruang penyangga antara ekosistem sungai dan daratan, agar fungsi sungai dan kegiatan manusia tidak saling terganggu.

Hadir di kesempatan tersebut Camat Pancung Soal, Walinagari Muara Sakai Inderapura, Dinas PSDA, Dinas Lingkungan Hidup, dan jajaran manajemen PT Incasi Raya Dodetan POM. Rombongan Komisi III dipimpin oleh Herpi Damson Epi Kampai.

 

 

(Hms)

 

Bagikan

1 thought on “Komisi III DPRD Pessel Mengurai Sengkarut Incasi Raya

Tinggalkan Balasan