Koperasi Sekolah MAN 1 Kota Bukittinggi, Berikut Unit Usahanya

0

MAN 1 Kota Bukittinggi

Bukittinggi, Sumbartodaynews – Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah yang anggota-anggotanya terdiri atas siswa sekolah. Adapun tujuannya tidak hanya menyediakan kebutuhan sekolah siswa, melainkan seperti melatih kepekaan siswa terhadap pentingnya tanggung jawab, disiplin, dan demokratis, serta mengasah keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman praktis bagi siswa dalam mengelola organisasi.

Salah satu sekolah yang mendirikan koperasi sekolah yakni MAN 1 Bukittinggi. Koperasi sekolah ini telah didirikan sekitar 30 tahun lalu, yang saat ini diketuai oleh Agung Imam Effendi, Desi Novita selaku bendahara, dan Zulvahayat sebagai Penasehat.

Keberadaan koperasi sekolah ini tentunya memberikan manfaat baik bagi anggota maupun warga sekolah secara keseluruhan, salah satunya meningkatkan kondusifitas kegiatan belajar mengajar di sekolah karena kebutuhan siswa sudah tersedia di koperasi.

Baca Juga  Bupati Eka Putra: khatam Qur'an Bukan Berarti Berhenti Mengaji

Adapun unit usaha dari koperasi sekolah MAN 1 Kota Bukittinggi adalah simpan pinjam, kebutuhan harian untuk siswa/i beserta para guru, dan jasa seperti kebutuhan photocopy (percetakan), serta sebagian besar pakaian yang disediakan koperasi berasal dari hasil vokasi siswi Tata Busana.

Disamping itu dalam proses penjualan, sama sekali tidak ada unsur pemaksaan dari pihak koperasi. Seperti hal nya di tahun ajaran baru, koperasi telah menyediakan berbagai kebutuhan. Dan pembelian yang dilakukan tentunya atas kemauan dari siswa/i itu sendiri.

***

Klik Disini Untuk Bergabung Bersama Fanpage SUMBARTODAYNEWS Agar Tidak Ketinggalan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional.

 

Klik Disini Untuk Mengikuti Grup SUMBARTODAYNEWS Untuk Selalu Update Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

Baca Juga  Keren, Tanah Datar Satu-satunya Kabupaten yang di Resmikan MPP nya Oleh Men PAN RB

 

 

Klik Disini Untuk Mengikuti Twitter SUMBARTODAYNEWS Untuk Mendapatkan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

***

Bagikan

Tinggalkan Balasan