Liberty Institute: 82 Persen Lebih Masyarakat Tanah Datar Puas Dengan Kinerja Eka Putra Pasca Bencana

0

Tanah Datar, Sumbartodaynews-Menurut hasil lembaga survei Liberte Institute, 82, 4 persen masyarakat Tanah Datar merasa puas dengan Eka Putra dalam mengatasi bencana alam yang ada di Kabupaten Tanah Datar beberapa waktu yang lalu. Hal ini di sampaikan langsung oleh Indrayadi, M.Si selaku Direktur Eksekutif Liberte Institute Survey & Policy Consultant, Jumat (14/06) di Batusangkar.

“Kepuasan masyarakat sangat tinggi. Itu terlihat dari hasil survei yang kami lakukan pasca bencana kepada masyarakat Tanah Datar. Survei ini dilaksanakan dari 19-25 Mei 2024, dengan wilayah Kabupaten Tanah Datar dengan teks random sampling dari 1209 koresponden dengan tingkat kepercayaan 97 persen,” papar Indrayadi.

Lebih lanjut, Indrayadi juga memaparkan bahwa pengambilan survei ini langsung face to face kepada koresponden di tingkat nagari sampai ke jorong-jorong.

“Selain itu, kita juga mensurvei pengetahuan masyarakat tentang pilkada serentak pada 27 November 2024 nanti, 67,3 % mengetahui dan 32,7% tidak mengetahui. Lalu ada survei tentang popularitas nama tokoh kabupaten Tanah datar. Dari 15 tokoh yang di kenal masyarakat, Eka Putra memperoleh 97,3 % dan Richi Aprian 88,9 % di kenal masyarakat Tanah Datar, masih ada beberapa tokoh lainnya yang hasil surveinya di bawah itu. Kemudian juga ada akseptabilitas tokoh kabupaten Tanah datar dimana masyarakat suka dengan tokoh tersebut. Untuk persentase sukanya, Eka Putra dengan 72,9 % masyarakat suka, Richi Aprian 55,8 % suka, ada Alek Saputra dengan 19,2 % suka dan yang lainnya,” lanjutnya.

“Juga ada survei terkait elektabilitas bakal calon Bupati Tanah Datar. Kami menanyakan langsung ke koresponden siaoakah yang layak menjadi Bupati Tanah Datar. Di sini Eka Putra dengan 60,1%, Richi Aprian 22,8 %, ada juga Suherman dengan 4,1% dan seterusnya dari beberapa tokoh yang ada di Tanah Datar,” jelas Indrayadi.

Indrayadi juga menambahkan bahwa apa alasan masyarakat memilih nama calon Bupati Tanah Datar tersebut adalah pertama dekat dengan masyarakat atau merakyat, 32,8%, berpengalaman 15,3%, hasil kerja terlihat nyata 14,7%.

“Lalu ada alasan lain seperti ingin perubahan sekitar 13,7%, karena putra asli daerah 4,1%, kesamaan daerah atau suku sekitar 3,3%, juga karena gambar yang tersebar 2,2% dan lainnya,” tuturnya.

Terkait elektabilitas bakal calon Bupati Tanah Datar, Indrayadi mengambil 3 nama tokoh yang berkemungkinan maju sebagai Calon Bupati Tanah Datar, siapakah calon yang tepat menjadi Bupati Tanah Datar.

“3 tokoh tersebut ada Eka Putra, Richi Aprian dan Suherman. Untuk Eka Putra, 62,4 %, Richi Aprian 27,1% dan Suherman 4,8% dan yang menjawab Tidak Tahu sekitar 5,7%,” pungkas Direktur Eksekutif Liberty Institute tersebut.(El)

Tinggalkan Balasan