Mahasiswa Universitas Andalas Raih Medali Emas dalam Kompetisi Inovasi Internasional

0

Mahasiswa Universitas Andalas Raih Medali Emas dalam Kompetisi Inovasi Internasional

Padang, sumbartodaynews РMahasiswa Universitas Andalas  capai keberhasilan gemilang dengan meraih medali emas dalam kompetisi inovasi internasional The 1st Arau International Creativity Expo (ACE) Competition 2023. Kompetisi ini diadakan oleh Universitas Malaysia Perlis bekerja sama dengan WIIPA dan menarik perhatian 144 tim dari berbagai negara di seluruh dunia.

Tim mahasiswa Universitas Andalas ini berhasil memenangkan medali emas dalam kategori Medicine, Biomedical, Health Care, and Cosmetics. Mereka bersaing dengan tim-tim hebat dari negara-negara seperti Rumania, Thailand, Korea, dan Vietnam. Prestasi luar biasa ini menjadi bukti kemampuan dan dedikasi mahasiswa Indonesia dalam berinovasi di tingkat global.

Tim terdiri dari mahasiswa dari berbagai fakultas di Universitas Andalas, termasuk Fakultas Kedokteran, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dibimbing oleh dr. Rauza Sukma Rita, PhD, mereka berhasil mengembangkan inovasi pembuatan permen keras dari katekin gambir. Inovasi ini tidak hanya memberikan prestasi gemilang bagi tim dan universitas, tetapi juga memiliki potensi untuk menjadi produk bernilai jual dan bermanfaat bagi masyarakat.

Refa Rahmaddiansyah, salah satu anggota tim, menyatakan bahwa partisipasi mereka dalam kompetisi ini bertujuan untuk mengenalkan Universitas Andalas di kancah internasional. Keberhasilan ini membawa kebanggaan bagi seluruh civitas akademika Universitas Andalas dan merupakan langkah penting dalam memperluas reputasi universitas di tingkat global.

Dalam proses pengembangan inovasi ini, tim berusaha untuk menggabungkan berbagai disiplin ilmu dari fakultas-fakultas yang berbeda. Melalui kolaborasi dan brainstorming, mereka berhasil menghasilkan inovasi yang luar biasa ini. Persiapan yang dilalui tidaklah mudah, mulai dari pembentukan tim, perumusan gagasan, analisis produk, seleksi karya, hingga pengurusan izin dan pendanaan.

Dr. Rauza Sukma Rita, PhD, sebagai dosen pembimbing, mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi ini. Ia berharap bahwa keberhasilan tim ini dapat menginspirasi dan memotivasi mahasiswa lain di Universitas Andalas untuk berprestasi dan terus berinovasi. Ia juga menekankan bahwa universitas memiliki potensi besar dalam menghasilkan mahasiswa dan guru-guru yang cerdas, serta berharap semangat ini terus tumbuh untuk membanggakan almamater.

Melalui prestasi gemilang ini, Universitas Andalas telah menunjukkan bahwa mereka memiliki potensi untuk bersaing dan berprestasi di panggung internasional. Dukungan dari pemerintah dan sektor swasta diharapkan dapat mendorong pengembangan inovasi ini menjadi produk yang lebih besar, yang dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan ekonomi Indonesia.

(*)

Klik Disini Untuk Bergabung Bersama Fanpage SUMBARTODAYNEWS Agar Tidak Ketinggalan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional.

Klik Disini Untuk Mengikuti Grup SUMBARTODAYNEWS Untuk Selalu Update Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

Klik Disini Untuk Mengikuti Twitter SUMBARTODAYNEWS Untuk Mendapatkan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

Bagikan

Tinggalkan Balasan