MAHASISWI KKN-TMB C.19 TAHUN 2021 UNIVERSITAS BUNG HATTA   SOSIALISASIKAN PENGELOLAAN KEUANGAN BAGI IBU RUMAH TANGGA DI MASA PANDEMIK

Padang,Sumbartodaynews.com.– Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Keuangan adalah istilah yang akan berkaitan dengan studi tentang uang manajemen dan investasi. Keuangan dapat dibagi menjadi tiga kategori besar yaitu keuangan publik meliputi sistem pajak, pengeluaran pemerintah, prosedur anggaran. Kedua keuangan perusahaan melibatkan pengelolaan aset, kewajiban, pendapatan, serta utang untuk bisnis. Dan yang ketiga keuangan pribadi mendefinisikan keputusan keuangan dan kegiatan individu atau rumah tangga, termasuk penganggaran, asuransi, perencanaan, dan tabungan.

 

Berdasarkan pengetahuan kita tentang keuangan maka disosialisasikan  pengelolaan keuangan pribadi atau rumah tangga dalam masa pandemi C.19 yang merupakan salah satu program pokok KKN-TMB 2021 Universitas Bung Hatta. Perencanaan keuangan rumah tangga umumnya melibatkan analisis posisi keuangan individu atau keluarga saat ini, memprediksi keuangan dengan kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang, dan melaksanakan rencana untuk memenuhi kebutuhan dalam batasan keuangan individu tersebut. keuangan rumah tangga tersebut tergantung pada pendapatan rumah tangga, kebutuhan rumah tangga, keinginan seseorang dan tujuan seseorang individu di dalam rumah tangga tersebut

Baca Juga  Aniaya Pesilat Sedang Latihan, Seorang Petani Jadi Tersangka

 

Dari sejumlah penduduk khususnya ibu-ibu di masa sekarang ini masih banyak yang belum paham bagaimana mengelola keuangan dalam rumah tangga agar tidak terjadinya terutang atau kemiskinan harta. Bisa dilihat saja di sekeliling kita masih banyak ekonomi yang tidak stabil yang diakibatkan dari keborosan dan tidak bisa menganggarkan keuangan dengan baik.

 

Hal tersebut mendorong mahasiswa KKN-TMB Covid-19 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Prodi Akuntansi Universitas Bung Hatta yang bernama Widia Putri Wahyuni yang berlokasi KKN di Kampung Durian Kunik Kenagarian Ladang Panjang Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat. Menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pengelolaan keuangan bagi ibu rumah tangga di masa pandemik, dengan arahan langsung dari Ibu Dr. Ir. Haryani, MTP selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 69 Kuliah Kerja Nyata Tematik Mitigasi Bencana ( KKN-TMB) Covid-19.

 

Diselenggarakannya kegiatan sosialisasi ini dengan harapan dapat memberikan manfaat dan pemahaman bagi masyarakat umum khususnya ibu-ibu rumah tangga dalam pengelolaan keuangan di masa pandemik. Sosialisasi ini bertujuan untuk memperbaiki keuangan rumah tangga agar tidak terutang nantinya dan juga bisa memaksimalkan keuangan untuk kedepannya lebih baik lagi.

Baca Juga  Baglog Polres Sijunjung Supervisi Logistik ke Polsek Sumpur Kudus

 

Pensosialisasian ini dilaksanakan secara langsung dengan mengikuti protokol kesehatan. Dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021 yang berlokasikan di rumah ibu-ibu rumah tangga kampung Durian Kunik Nagari Ladang Panjang Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat. Sosialisasi ini dilakukan dengan mendatangi rumah ibu-ibu, karna dalam masa pandemik belum bisa mengumpulkan ibu-ibu tersebut dan harus mematuhi prokes juga.

 

“ Harapan saya dengan pensosialisasian ini ibu-ibu rumah tangga bisa mengelola keuangannya sendiri dengan baik dan aman serta bisa diterapkan di kehidupan setiap harinya agar rumah tangga ibu-ibu tidak terjadi terutang atau kendala tentang keuangan lagi apalagi sekarang pandemik keuangan memang mengurang sedangkan kebutuhan melonjak” ujar Widia Putri Wahyuni mahasiswa KKN-TMB covid-19 UBH selaku penanggung jawab penyuluhan.

 

Sosialisasi ini Alhamdulillah terlaksanakan dengan baik serta sesuai dengan apa yang diharapkan, yaitu bisa membantu ibu-ibu rumah tangga dalam menjawab kebingungannya tentang bagaimana pengelolaan keuangan agar tidak terjadi kekurangan atau terutang.  “ Saya sangat senang dan berterima kasih kepada nak Widia yang telah memberikan pengetahuan yang sangat bermanfaat sekali bagi Ibu, dan Ibu pastinya akan bisa mengelola keuangan sendiri dengan baik dan Iin Syaa Allah tidak akan kekurangan kebutuhan lagi, Aamiin” ujar Ibuk Isnawati selaku salah satu target dalam sosialisasi ini.

Baca Juga  Aniaya Sesama Pedagang, Ibu Berusia 50 Tahun Dilaporkan Ke Polisi

 

Untuk hasil dari pensosialisasian ini bisa dilihat pada postingan saya di akun pribadi milik saya instagram (widya_s_1609).          “HIDUP MAHSISWA”

Bagikan

Tinggalkan Balasan