Mengenal alam sungai Batang masang dan Satwanya yang ada Disumatera Barat

Agam,Sumbartodaynews.com –
Sungai Batang masang berada diantara tiga kabupaten.yaitu kabupaten Agam,kabupaten Pasaman barat,kabupaten Pasaman.Senin(16/05/2022).

Dibatang masang ada berapa lubuk yang diberi Nama,disumatera barat sungai dan lubuk sudah biasa diberi nama sesuai dengan sejarahnya sungai dan lubuk tersebut itupun diterapkan turun temurun dari nenek moyang.

Diantaranya nama lubuk tersebut Ada Lubuk Ali, Lubuk Pandan, Lubuk Tukubang, Lubuk Pesong dan banyak lagi Lubuk Yang Ada Di Batang Masang.

Disungai tersebut kami menemukan ikan dan satwa lainnya seperti ikan Lelan,Ikan garing,Ikan Kulari,Musang air,kura kura  dan tak lupa pendatang baru yaitu Buaya.

Kami menemukan Buaya hampir disetiap lubuk dibatang masang entah mengapa para buaya ini sampai kebatang masang jadi buaya ini jadi hal baru bagi masyarakat sekitar.

Dipingiran batang masang terdapat hutan lebat lembah lembah dan anak sungai,kami juga menemukan satwa dan beberapa jejak seperti Monyet Babi hutan,Ular dan beberapa jejak Harimau Sumatera.

Dari beberapa satwa tersebut ada sebagian satwa yang dilindungi undang-undang pemerintah kami tak lupa membagikan selembar brosur tentang satwa yang dilindungi undang-undang supaya kita jangan terjebak dengan hukum atas ketidak Tahuan kita.

Rano Piliang, Wartawan

Bagikan

Tinggalkan Balasan