Menunggu 14 Ribu Warga Divaksin, Padang Lepas PPKM Level 4

Padang, Sumbartodaynews.com- Untuk dapat keluar dari status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, capaian vaksinasi di Kota Padang harus mencapai 37 persen dari target vaksinasi nasional, sedangkan saat ini baru tercapai 35,11 persen. Artinya sekitar 2 persen lagi target capaian vaksin harus terpenuhi.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani ketika diwawancarai oleh Humas Kota Padang, Selasa (21/9/2021).

Kadis Kesehatan Kota Padang itu menjelaskan, saat ini warga Kota Padang yang sudah divaksin berjumlah 255.096 jiwa atau sekitar 35,11 persen, dari jumlah target 726.000 jiwa. Sementara secara nasional dibutuhkan 37 persen vaksinasi agar keluar dari PPKM Level 4.

“Jadi kita mengharapkan kesediaan 2 persen lagi atau sekitar 14 ribu orang lagi untuk divaksin sehingga kita dapat keluar dari PPKM Level 4 ini. Disamping itu juga butuh data lengkap tracing yang dilakukan oleh Babinsa babinkamtibmas,” jelasnya.

Baca Juga  Wako Hendri Septa Lepas Peserta Jalan Santai Himapekap

Feri menambahkan, berdasarkan accesment kesehatan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang sudah berada pada Level 3. Indikator penilaian yang dilakukan seperti halnya positif rate kurang 1 persen.

“Saat ini juga angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Padang sudah mencapai 97 persen. Sisa kasus positif saat ini sebanyak 350 orang dari jumlah yang terpapar sebelumnya sebanyak 41.000 ribu orang. Beberapa tempat karantina dan rumah sakit juga sudah kosong,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Padang melalui juru bicaranya Amrizal Rengganis mengatakan, untuk mencapai target vaksinasi secara nasional, Pemerintah Kota Padang akan mengeluarkan surat edaran untuk mewajibkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Padang untuk mengikuti vaksin.

Baca Juga  Disarpus Pasbar dan FPL Gelar Lomba Literasi Dalam Meriahkan HUT RI ke-77

“Kita juga akan membuat surat edaran untuk lembaga pendidikan dan mewajibkan untuk vaksin. Khusus untuk anak murid SMP dan SD, kita hanya mengizinkan sekolah tatap muka bagi murid yang sudah di vaksin,” terang Amrizal Rengganis.

Lebih lanjut Amrizal menerangkan, Wali Kota Padang bersama pimpinan SKPD terkait juga akan mengadakan rapat menindak lanjuti perkembangan PPKM Level 4, dan berusaha mencarikan solusi supaya Padang bisa keluar dari PPKM Level 4 ini.

“Sore nanti bapak Wali Kota Padang akan lakukan rapat evaluasi pencapaian vaksinasi Covid-19. Kita akan lihat berapa jumlah warga Kota Padang yang divaksin baik dari kalangan ASN Pemko Padang sendiri, guru dan pelajar. Sehingga kita bisa carikan solusi agar target vaksinasi dapat tercapai,” pungkasnya.

Baca Juga  Baglog Polres Sijunjung Supervisi Logistik ke Polsek Sumpur Kudus

Fajar/hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan