pariyanto SH ikuti seminar Nasional

0

Dharmasraya , SUMBAR TODAY NEWS  COM  — ketua DPRD pariyanto SH sebut dalam peningkatkan wawasan wakil rakyat,saya bersama anggota Ikuti seminar nasional yang digelar oleh Mahkamah kehormatan Dewan (MKD-DPR RI).Di jakarta ,Jumat(17/03/23).

Seminar Nasional dengan mengangkat tema” menyonsong kontestasi Demokrasi mencari Wakil Rakyat yang Bervisi,bernurani Dan Berpradigma Etis”yang mana seminar tersebut di ikuti oleh ketua DPRD Kabupaten dharmasraya Pariyanto SH, wakil ketua DPRD Ade sudarman dan anggota dewan lindo yang didampingi oleh sekwan DPRD Dharmasraya imam Mahfuri.

Ketua DPRD sekaligus wakil ketua umum ADN-ADKASI Pariyanto SH saat di hubungi awak media ini via HP/ WA mengatakan bahwa Pemilu 2024 merupakan ajang kontestasi untuk mencari wakil rakyat yang bernurani dan berparadigma etis.

Baca Juga  Ribuan jamaah laksanakan Shalat Idul Adha 1445 H di Masjid Agung Dharmasraya.

Lanjut pariyanto, wakil rakyat bukan sekadar jabatan belaka, namun dalam konteks paradigma etis terkandung pula nilai di dalamnya.

“Tapi juga dibaluti visi-misi dan nurani, mereka yang terpilih diharapkan sekaligus menjadi figur dengan sekujur tubuh yang merakyat serta perilaku etis yang menunjukkan bahwa mereka terhubung dan berbicara tentang rakyat dan nurani,” ujar ketua umum kormi dharmasraya.

Pemilu, kata dia, bukan hanya tentang memilih calon wakil rakyat yang disajikan partai politik, melainkan memilih calon wakil rakyat yang mampu memahami arti dan makna rakyat itu sendiri.

“Termasuk, memilih calon yang dianggap mampu mendefinisikan dirinya sebagai bagian daripada rakyat,” ucap politisi-kader PDI Perjuangan.

Seminar kali ini sangat bagus menambahkan wawasan bagi peserta,
dengan materi bagaimana mencari calon wakil rakyat yang memiliki visi-misi, nurani, dan etika.

Baca Juga  Pemkab Dharmasraya Salurkan Hewan Kurban untuk Daerah Minim Kurban.

“sebagai anggota DPRD kita adalah orang-orang yang terpilih oleh rakyat. Oleh karena itu, tanggung jawab seorang anggota DPRD kepada rakyat yang memilihnya itu harus jelas,” tuturnya.

Pariyanto juga sebut materi yang diberikan dalam seminar menyinggung pula persoalan etika ,serta
bagaimana aplikasi penerapan tentang Pancasila yang tidak hanya bagian dari kata-kata, tapi aplikasinya harus betul-betul dilakukan terutama oleh para pejabat pemerintah” tutupnya

Dalam seminar tersebut turut hadir sejumlah narasumber di antaranya anggota DKPP RI J. Kristiadi,aAnggota KPU RI Yulianto Sudrajat, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, hingga ahli hukum Abdul Chair Ramadhan.

# sonia chaniago

Bagikan

Tinggalkan Balasan