Peduli Lingkungan, Mahasiswa UM Sumatera Barat Ciptakan Paving Block Dari Sampah Plastik

1

Paving Block Dari Sampah Plastik

Bukiktinggi, Sumbartodaynews – Tiga orang Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat berhasil menciptakan alat yang dapat merubah sampah plastik menjadi produk yang bermanfaat serta bernilai ekonomis. Mereka menciptakan alat yang dapat merubah sampah plastik menjadi paving block. Dengan alat ini pula UM Sumatera Barat maju mewakili kota Bukittinggi dalam perlombaan teknologi tepat guna tingkat Provinsi Sumatera Barat. Ketiga Mahasiswa inovatif itu adalah Milanium, Indra Saputra, dan Nafa Koes Mutiara.

Untuk diketahui teknologi tepat guna adalah teknologi yang dirancang untuk masyarakat dengan penyesuaian terhadap aspek lingkungan, sosial, dan budaya.  Teknologi ini juga dapat berperan sebagai aspek dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Saat ini teknologi tepat guna menjadi perhatian khusus pemerintah dalam upaya mengentaskan permasalahan yang timbul ditengah masyarakat.

Milanium mengatakan ide ini muncul dari keprihatinan mereka terhadap besarnya lonjakan sampah di Sumatera Barat khususnya kota Bukittinggi yang mencapai 183 ton per hari, jumlah yang besar itu di dominasi oleh sampah plastik yang sama-sama kita ketahui butuh ratusan tahun agar bisa terurai dengan sempurna, Senin (17/4).

Baca Juga  Ajak Masyarakat Makan Ikan, Ketua TPPKK Sekaligus Ketua Forikan Tanah Datar Sebut Ikan Banyak Mengandung Asam Lemak dan Omega 3

Jika hal ini tidak ditangani dan terkelola dengan baik, tidak hanya merusak lingkungan namun nama baik Sumatera Barat sebagai destinasi wisata juga ikut dipertaruhkan, kata Milanium.

Disisi lain Hendri Sawir ST., MT salaku tim penilai dari Dinas Pemberdayaan   Masyarakat dan  Desa Provinsi Sumatera Barat sangat mengapresiasi inovasi Mahasiswa UM Sumatera Barat yang mampu melihat lebih jauh kebutuhan masyarakat dan pemerintah saat ini terutama dibidang pengelolaan sampah plastik.

Hendri meyakini jika alat ini berpontensi besar dan sangat bermanfaat untuk masyarakat, tidak hanya untuk membuat paving block tapi juga bisa untuk menciptakan produk-produk yang bernilai ekonomis lainnya.

Disamping itu Ketua tim penilai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Vera Irawati, ST., MT menilai ide Mahasiswa UM Sumatera Barat dalam menciptakan alat ini sangat luar biasa dan revolusioner. Sebab pemerintah saat ini sedang konsentrasi dalam pengurangan sampah plastik yang menjadi masalah kita bersama khususnya di kota Bukittinggi.

Baca Juga  Hingga Hari Ini Bantuan Dana Untuk Korban Bencana Tanah Datar Sudah Terkumpul Rp 2 Miliar

Ditempat yang sama Riny Yunita, S.TP., MT Kabid Litbang Kota Bukittinggi mengatakan, pemerintah Kota Bukittinggi mengapresiasi adik-adik Mahasiswa yang menunjukan kepedulian terhadap lingkungan dengan menciptakan alat yang dapat merubah sampah plastik menjadi  paving block. Berangkat dari itulah pemda Bukittinggi memutuskan untuk mengutus mereka mewakili Bukittinggi mengikuti lomba teknologi tepat guna tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Kami menilai inovasi ini sejalan dengan persoalan yang di alami Kota Bukittinggi. Meskipun tergolong kota kecil, tapi aktivitas yang tinggi menyebabkan sampah menjadi permasalahan yang signifikan. Kami optimis jika alat ini bisa menjadi salah satu solusi dalam menanggulangi masalah sampah di Kota Bukittinggi, ujar Riny Yunita.

Selain itu dari tempat berbeda Hariyadi, M.Kom Dosen pembimbing Mahasiswa inovatif ini mengatakan, jika alat yang dibuat Milanium dan kawan-kawan masih jauh dari kata sempurna, maka dari itu kami membutuhkan saran dan masukan dari tim penilai agar alat ini bisa bermanfaat untuk masyarakat. Selain itu juga bisa membantu kota Bukittinggi dalam mengurangi sampah plastik.

Baca Juga  Puluhan Wartawan di Tanah Datar Protes RUU Penyiaran di DPRD: Tuntut Kebebasan Pers

Frans Fradinen

***

Klik Disini Untuk Bergabung Bersama Fanpage SUMBARTODAYNEWS Agar Tidak Ketinggalan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional.

Klik Disini Untuk Mengikuti Grup SUMBARTODAYNEWS Untuk Selalu Update Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

Klik Disini Untuk Mengikuti Twitter SUMBARTODAYNEWS Untuk Mendapatkan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

***

Bagikan

1 thought on “Peduli Lingkungan, Mahasiswa UM Sumatera Barat Ciptakan Paving Block Dari Sampah Plastik

Tinggalkan Balasan