PEMKAB DHARMASRAYA DAN PEMKAB BATANGHARI TANDATANGANI EMPAT POIN KESEPAKATAN.

0

PEMKAB DHARMASRAYA DAN PEMKAB BATANGHARI TANDATANGANI EMPAT POIN KESEPAKATAN. DHARMASRAYA ,SUMBARTODAY.NEWS.COM — Pemkab Dharmasraya bersama dengan Pemkab Batanghari melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama secara seremonial. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya pada hari Selasa, (16/05/23). Penandatanganan Kesepakatan Bersama dilakukan langsung oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama Bupati Batanghari, Muhammad Faghil Alif.

 

Turut hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Dharmasraya beserta anggota, unsur Forkopimda Kabupaten Dharmasraya, para Asisten dan Kepala Bagian Setda Batanghari, Para Kepala OPD serta undangan lainnya.

 

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa kegiatan kesepakatan bersama ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan daerah, meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalisasikan sumber daya yang ada.

 

Dalam kesepakatan tersebut ada empat ruang lingkup antara lain, pertama pelaksanaan pendidikan dan pelatihan keterampilan berdasarkan unit kompetensi, kedua peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia dibidang pengembangan program informasi dan teknologi. Ketiga bidang perhubungan koperasi ekonomi sosial budaya dan infrastruktur usaha kecil dan UMKM agribisnis dan industri ekowisata.

Baca Juga  Bupati Eka Putra: serahkan bantuan untuk warga terkena musibah kebakaran

Serta yang terakhir program-program dan kegiatan-kegiatan lain yang disepakati sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dan tidak bertentangan dengan visi dan misi baik Kabupaten Batanghari maupun Kabupaten Dharmasraya.

 

“Ada empat ruang lingkup dalam kesepakatan bersama antara Kabupaten Dharmasraya dengan Kabupaten Batanghari. Kesepakatan ini diharapkan dapat menjadi sebuah langkah positif, demi menghasilkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik, yang nantinya akan menguntungkan semua pihak,” kata Sutan Riska.

 

Sementara menurut Bupati Batanghari dalam sambutannya, mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Batanghari menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dan masyarakat Kabupaten Dharmasraya. Atas kesediaannya melaksanakan serta memfasilitasi penandatanganan kesepakatan bersama antara pemerintah Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi dengan Pemerintah Kabupaten Provinsi Sumatera Barat.

 

“Sebagai wujud sinergi kita dalam pelaksanaan pembangunan yang berkeadilan dan demokratis, secara bertahap berkesinambungan efektif dan efisien. Dengan memanfaatkan potensi daerah yang dimiliki,” beber Bupati Batanghari.

Baca Juga  Perusahaan Air Minum(PDAM), Gelar Halal Bihalal yang Dihadiri Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM

 

Katanya lagi, demi tercapainya kesepakatan bersama yang telah ditandatangani, ini merupakan sebuah langkah positif demi menghasilkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik yang tentunya saling menguntungkan semua pihak. Hal ini tentu sejalan dengan keturunan pasal 3 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 tahun 2020, tentang tata cara kerjasama daerah dengan daerah lain dan kerjasama daerah dengan pihak ketiga. Kesepakatan bersama yang dibangun ini hendaknya dapat mendukung optimalisasi penyelenggaraan pemerintah daerah dalam mewujudkan kemakmuran dan kemajuan bangsa.

“Kami sangat menyadari bahwa kesepakatan bersama yang kita bangun saat ini merupakan potensi yang bernilai strategis untuk bersama-sama kita optimalkan. Dalam mendukung terwujudnya visi kabupaten Batanghari tangguh terdepan, agamis, nyaman, gotong-royong bermutu dan harmonis,” tegas Bupati Batanghari.

 

Selain itu juga, Bupati mengingatkan kepada seluruh perangkat daerah yang terlibat dalam kesepakatan bersama untuk proaktif berkoordinasi dan berkonsolidasi dengan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batanghari. Sesuai dengan bidang yang dikerjasamakan, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, serta tanggung jawab dan kewenangannya.

Baca Juga  Turnamen sepak bola Jordus cup xx di lapangan pulai nagari Sungayang resmi dibuka bupati Eka Putra

 

Sehingga apa yang menjadi tujuan pelaksanaan kesepakatan bersama ini dapat tercapai, karena kerjasama yang dibangun saat ini merupakan potensi yang bernilai strategis untuk bersama-sama kita optimalkan dalam mendukung terwujudnya perkembangan di kedua belah pihak, baik di Kabupaten Dharmasraya maupun di Kabupaten Batanghari.

 

“Saya berharapan semoga melalui kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang optimal, serta berkualitas. Dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, serta mendukung terwujudnya harapan kita bersama,” pungkas Bupati.

 

# Dmp/ hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan