PEMKAB JADWALKAN SHALAT IED DI MASJID AGUNG

0

Dharmasraya, SUMBAR TODAY NEWS COM —  Pemerintah Kabupaten Dharmasraya direncanakan akan menyelenggaarakan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H/ 2023 di Masjid Agung Dharmasraya. Hal tersebut dikemukakan Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, melalui Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Masyarakat, Sarbaini Chan, Rabu (19/04/2023).

Adapun yang bertindak selaku khatib, Profesor Awis Karni, Guru Besar Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, dan Shalat Ied akan dipimpin langsung Imam Masjid Agung Dharmasraya, Ustad Dolizal Putra. Selain dikenal sebagai Imam Masjid Agung Dolizal merupakan Qari Dharmasraya yang pernah menjuarai MTQ Tingkat Nasional.

Sarbaini menjelaskan, pelaksanaan Shalat Ied dilaksanakan pada Sabtu pagi Tanggal 22 April 2023, dimulai pukul 07.00 WIB. Namun demikian jadwal tersebut masih belum resmi, mengingat Pemerintah masih akan melaksanakan sidang isbat penentuan awal bulan Syawal 1444 H, pada Kamis esok (20/04/2023)

Baca Juga  Rapat Paripurna DPRD Tanah Datar: Mendorong Kinerja Pemerintah Demi Kemajuan Bersama

“Jadwal pastinya kita masih menunggu keputusan sidang isbat Kementerian Agama esok. Apapun keputusan pemerintah itu yang akan kita ikuti,” jelasnya.

Menurut rencana, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, sang inisiator pembangunan Masjid Agung, bersama keluarga, Fokopimda, Kepala OPD dan ASN Dharmasraya akan melaksanakan Shalat Ied di Masjid megah ini.

Sarbaini mengajak kaum muslimin dan muslimat juga di manapun berada untuk bersama-sama mendirikan Shalat Ied di masjid berarsitektur unik ini.

Menurutnya pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 H di Masjid Agung Dharmasraya merupakan momen bersejarah. Pasalnya ini merupakan momen pertama sejak diresmikan awal Januari 2023 lalu.

Kepada jamaah yang berniat Shalat Ied di Masjid Agung, Sarbaini menganjurkan agar datang lebih awal. Pasalnya dengan perkiraan ribuan jamaah yang hadir, diperlukan waktu bagi petugas untuk pengaturan perparkiran.

Baca Juga  Rapat Paripurna DPRD Tanah Datar: Mendorong Kinerja Pemerintah Demi Kemajuan Bersama

Selain itu, jamaah juga dihimbau membawa sajadah sendiri, karena sajadah yang tersedia di Masjid Agung masih belum mencukupi untuk dipakai ribuan orang.

#sc/ hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan