Dukung Komunitas Kukuak Ayam Balenggek, Pemko Bukiktinggi Bakal Gelar Event Tingkat Provinsi

0

Festival ayam kukuak balenggek

Bukiktinggi, Sumbartodaynews – Ayam kukuak balenggek adalah ayam kampung asli Sumatera Barat. Ayam endemik ini banyak ditemukan di daerah Kabupaten Solok, terutama di Kecamatan Payung Sekaki dan Tigo Lurah. Ayam kukuak balenggek mempunyai keunikan tersendiri yang tidak dimiliki  oleh ayam pada umumnya, yaitu nyanyian yang sangat unik dan indah.

Saat ini budidaya kukuak ayam balenggek sudah tersebar di seluruh Sumatera Barat, dan di setiap daerah sudah hampir merata dibentuk komunitas. Salah satunya komunitas kukuak ayam balenggek Kota Bukittinggi yang sering melakukan kegiatan lomba dan pameran.

Menyikapi keberadaan komunitas kukuak ayam balenggek Sumatera Barat, Walikota Bukittinggi memberikan support dan dukungan penuh dengan membuat sebuah festival Walikota Bukittinggi Cup kukuak ayam balenggek tahun 2023. Melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga (Kadispora) Kota Bukittinggi, Frince Maradoni menyebutkan bahwa keberadaan komunitas kukuak ayam balenggek terkhusus komunitas yang ada di Kota Bukittinggi ini akan menjadi perhatian kedepannya.

Baca Juga  Rapat Paripurna DPRD Tanah Datar: Mendorong Kinerja Pemerintah Demi Kemajuan Bersama

Frince telah menyampaikan dukungan kepada komunitas kukuak ayam balenggek Kota Bukittinggi untuk melaksanakan festival kukuak ayam balenggek Walikota Bukittinggi Cup tahun 2023. Kegiatan kukuak ayam balenggek ini didukung karena dapat memberikan dampak positif terhadap keberadaan Kota Bukittinggi sebagai kota wisata dan ekonomi kreatif. Festival ini kedepannya akan dijadikan sebagai  ajang tahunan di Kota Bukittinggi, tegas Kadispora.

Dukungan dari Pemerintah Kota Bukittinggi tersebut disambut baik oleh Doris Seprteri yang merupakan ketua kukuak ayam balenggek Bukittinggi.   Doris sangat berharap keberadaan komunitas kukuak ayam balenggek bisa menjadi perhatian oleh pemerintah daerah, agar ayam kukuak balenggek ini tetap menjadi ayam endemik Sumatera Barat yang bisa menjadi ayam kebanggaan dan menjadi peluang bisnis yang baik kedepannya.

Baca Juga  Rumah Zakat Sumbar Serahkan 100 Paket Bantuan Sembako Untuak Masyarakat Miskin di Tanah Datar

Disamping itu, panitia pelaksana kegiatan festival ayam kukuak balenggek Walikota Bukittinggi Cup tahun 2023, Amde Nasution menyampaikan bahwa festival kukuak ayam balenggek ini terbuka untuk umum dan semua komunitas yang ada di Sumatera Barat. Festival ini akan diselenggarakan pada tanggal 12 Februari 2023 di Lapangan Kantin Wirabraja Bukittinggi. Selanjutnya bagi yang akan mengikuti festival bisa mendaftar secara online https://bit.ly/LombaAKB_Bukittinggi.

Festival ayam kukuak balenggek ini akan dihadiri oleh para tamu undangan dan dibuka langsung oleh Walikota Bukittinggi. Untuk penilaian dalam kegiatan, panitia menunjuk  juri yang mempunyai sertifikasi yang telah diakui. Kemudian dalam festival ini juga telah disediakan hadiah menarik berupa tropi, uang tunai, dan uang pembinaan, pungkas Amde.

Baca Juga  Rumah Zakat Sumbar Serahkan 100 Paket Bantuan Sembako Untuak Masyarakat Miskin di Tanah Datar

(Anasril)

Bagikan

Tinggalkan Balasan