Pemprov Berencana Bangun Jalan Alternatif Padang – Bukiktinggi

2

Jalan Alternatif Padang - Bukiktinggi

Sumbartodaynews – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bakal bangun jalur alternatif baru dari Kota Padang menuju Kota Bukiktinggi. Pembangunan jalur alternatif ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di sepanjang jalan lintas Padang Bukiktinggi.

Rencana pembangunan jalan ini dibenarkan oleh Mahyeldi Ansharullah selaku Gubernur Sumatera Barat. Mahyeldi mengatakan, diharapkan pembangunan jalan ini dapat menunjang sektor pariwisata di Sumatera Barat khususnya daerah yang dilalui jalan ini.

Direncanakan jalur alternatif ini dibangun dari korong Asam Pulau, Kabupaten Padang Pariaman ke Malalo, Tanah Data. Pembangunan jalan ini merupakan permintaan para Walinagari kepada Mahyeldi beberapa waktu lalu.

Sebagai Gubernur Mahyeldi sangat antusias mendengar masukan dari para Walinagari tersebut.

Baca Juga  Lagi dan lagi, Kabupaten Tanah datar Kembali Terima Penghargaan TPID dan Sekaligus Juara Satu se Sumatra

“Nagari Guguak Malalo dan Korong Asam Pulau memiliki potensi alam yang luar biasa. Jika terbukanya akses jalan, bukan hanya berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, namun kerekatan hubungan silaturahim antara masyarakat juga terjaga dengan baik,” katanya.

Dia menambahkan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat siap memulai pembangunan jalan tersebut, jika lahan yang akan digunakan sudah disiapkan masyarakat. Sebagai bentuk keseriusannya, Mahyeldi akan melakukan survei dan melihat langsung lokasi jalan bersama organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu, Wali Nagari, Guguak Malalo, Mulyadi, mengatakan bahwa masyarakat sangat antusias dengan rencana pembukaanj jalan tersebut. Bahkan masyarakat siap memberikan tanah dan ingin mendengar langkah selanjutnya untuk mempercepat proses pembangunan jalan, kata Mulyadi mengungkapkan.

Baca Juga  Pisah Sambut Korlap KB Tanjung Emas di Hadiri Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra

“Masyarakat sangat siap dengan apa yang di tanggung jawabkan ke masyarakat, mulai dari survey, pengawalan, dan pembebasan lahan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan beberapa jalan alternatif sudah mulai dibangun bersama-sama oleh masyarakat, mulai dari Jorong Duo Koto yang merupakan jalan yang dilalui peninggalan orang zaman dahulu, Malalo-Asam Pulau, dan Jorong Guguak.

“Jalan alternatif tersebut sudah kita lakukan pembebasan lahannya, dan sebagian jalan yang ada pun sudah di cor,” sambungnya.

Lebih lanjut, pihaknya sudah mengajukan jadwal kunjungan gubernur guna meninjau lokasi pada tanggal 28 Januari 2023 mendatang.

(*)

***
Ayo Bergabung Bersama Fanpage SUMBARTODAYNEWS Untuk Mendapatkan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional.

Baca Juga  Liberty Institute: 82 Persen Lebih Masyarakat Tanah Datar Puas Dengan Kinerja Eka Putra Pasca Bencana

Ikuti Grup SUMBARTODAYNEWS Untuk Mendapatkan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

Ikuti Juga Twitter SUMBARTODAYNEWS Untuk Mendapatkan Berita Dan Informasi Terbaru Daerah, Nasional, Dan Internasional

***

Bagikan

2 thoughts on “Pemprov Berencana Bangun Jalan Alternatif Padang – Bukiktinggi

  1. Sebaiknya diaktifkan lagi track jalur rel kereta api St Kayu Tanam ke St Padang Panjang terus St Padang Panjang ke St Bukit Tinggi
    Mungkin bisa mengurai kemacetan pas lebaran dan libur Nasional

    1. Ini merupakan harapan sebagian besar masyarakat Sumatera Barat, semoga harapan ini mendapat respon baik dari pemerintah dan pihak yang berwenang.

Tinggalkan Balasan