Penghargaan Kinerja Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran di Bidang Layanan Kekayaan Intelektual, Wujud Sinergitas antar Divisi Kanwil Kemenkumham Sumbar

0

Penghargaan Kinerja Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran di Bidang Layanan Kekayaan Intelektual, Wujud Sinergitas antar Divisi Kanwil Kemenkumham Sumbar

Sumbartodaynews Penghargaan Kinerja Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran di Bidang Layanan Kekayaan Intelektual, Wujud Sinergitas antar Divisi Kanwil Kemenkumham Sumbar. Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat (Kanwil Kemenkumham Sumbar) kembali menerima penghargaan atas Kinerja Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran.

Kali ini pada Bidang Kekayaan Intelektual, Kanwil Kemenkumham Sumbar berhasil mendapat predikat Terbaik Kedua Penghargaan Nilai SMART (Sistem Monitoring dan Evaluasi Kinerja Terpadu) di Bidang KI Tahun 2022.

Penghargaan ini diterima pada kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Program Penegakan dan Pelayanan Hukum Bidang Kekayaan Intelektual dengan seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham RI se-Indonesia di Bali pada 30 Oktober 2022 s.d. 2 November 2022.

Diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly, Kakanwil Kemenkumham Sumbar R. Andika Dwi Prasetya menerima penghargaan yang diraih Kanwil Sumbar atas keberhasilan dalam pengeloalaan anggaran pada program KI ini.

Pada tahun anggaran 2022, Program Kekayaan Intelektual Kanwil Sumbar mendapatkan nilai IKPA (Indikator Kinerja Pelaksana Anggaran) dengan persentase sempurna, yakni 100% . IKPA adalah indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian Negara/Lembaga.

IKPA digunakan sebagai alat monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran yang disediakan oleh Ditjen
Perbendaharaan yang terintegrasi pada Online Monitoring (OM) SPAN yang dijadikan ukuran dan mencerminkan kinerja satuan kerja atas kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran, serta kualitas hasil pelaksanaan anggaran. Nilai IKPA 100% yang diperoleh Kanwil Kemenkumham Sumbar ini hanya dimiliki oleh 7 Kanwil dari 33 Kanwil Kemenkumham seluruh Indonesia.

Selanjutnya terhitung hingga Oktober 2022, Subbidang KI Kanwil Kemenkumham Sumbar telah melaksanakan penyerapan anggaran mencapai 94.23%. Penyerapan ini merupakan tertinggi kelima dari seluruh Indonesia diantara Kanwil Kemenkumham lainnya. Hal ini menunjukan bahwa Kanwil Kemenkumham Sumbar dapat mengoptimalkan anggaran dalam melaksanakan Target Kinerja yang dibebankan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.

Berbekal kedua Indikator diatas, Kanwil Kemenkumham Sumbar yang dipimpin oleh R. Andika Dwi Prasetya meraih penghargaan dengan kategori pengelolaan anggaran pada program  Kekayaan Intelektual. Penghargaan ini tidak lepas dari support system yang baik antar Divisi di Kanwil Kemenkumham Sumbar. Hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan