Pengingat Sejarah, Masyarakat Sitapuang Gadang Goro Bangun Replika Kantor Bupati Pertama Tanah Datar

0

Batusangkar, Sumbartodaynews – , Pengingat Sejarah, Masyarakat Sitapuang Gadang Goro Bangun Replika Kantor Bupati Pertama Tanah Datar. Jorong Sitapuang Gadang Nagari Lawang Mandahiling Kecamatan Salimpaung merupakan kampung bersejarah, walau jauh dari keramaian namun dikampung itulah pernah dikendalikan pusat pemerintahan Kabupaten Tanah Datar pada tahun 1948 s/d 1949.

“Di Jorong Sitapuang Gadang inilah Kantor Bupati Tanah Datar pertama kalinya, disinilah pernah dikendalikan pusat perintahan Kabupaten Tanah Datar di bawah kepemimpinan Bupati Sidi Bhakaruddin di kala itu, dan sejarah ini harus dihidupkan kembali agar anak cucu penerus negara ini tahu, ibaratnya jas merah atau sejarah perjuangan bangsa,” ucap tokoh perantau dan pemerhati kampung halaman ini, Ibuk Rahmi.

Hal itu diungkapkannya dihadapan Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH, Wakil Ketua DPRD Anton Yondra, Anggota DPRD Nurhamdi Zahari dan Sulfa Utri, Camat Salimpaung Heru Rahman dan Wali Nagari se Kecamatan Salimpaung serta tokoh masyarakat ketika gotong royong bersama membangun replika rumah kediaman Bupati Pertama Sidi Bakarudin sekaligus pusat pemerintahan Tanah Datar dikala itu, Selasa (11/01).

Baca Juga  Puskesmas Beringin Sakti Sosialisasi Penyakit Menular Tuberculosis.

Pada kesempatan itu Rahmi minta kepada pemerintah daerah untuk dapat memperhatikan daerah yang boleh dikatakan terpencil dikelilingi areal perbukitan dan tidak memiliki jalan tembus tersebut.

“Saat ini tugu sudah ada yang dibangun pada tahun 2016 yang lalu saat ini masyarakat secara swadaya bergotong royong membangun kembali replika rumah kediaman sekaligus pengendalian pemerintahan Tanah Datar dikala itu,” ucapnya.

Keinginan masyarakat yang turut disampaikan Rahmi seperti pengembangan jalan lingkar sehingga bisa tembus ke daerah tetangga Jorong Aua sehingga akses transportasi timbal balik antar wilayah bisa lancar.

Wakil Ketua DPRD Anton Yondra yang turut hadir dalam kesempatan itu menyampaikan turut mendukung keinginan masyarakat Jorong Sitapuang Gadang tersebut dan mengajak semua unsur untuk mendukung dan memperjuangkan aspirasi masyarakat itu.

Baca Juga  Bupati Sutan Riska Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Pessel.

“Mari kito bahu membahu membangun kampung halaman ini, dan terima kasih para perantau yang telah peduli kampung halaman, pemerintah nagari, tokoh masyarakat, niniak mamak yang bersemangat turut saya apresiasi,” ucapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang terus kompak bergotong-royong, berat sama dipikul ringan sama dijinjing, semangat kegotong-royongan yang terus dipupuk untuk membangun kampung halaman.

“Saya sampaikan ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyampaikan aspirasi terkait rencana pembangunan jalan lingkar yang mana sebelumnya telah dimulai pembangunannya pada pemerintahan terdahulu dan selanjutnya kita akan carikan cara untuk penyelesaiannya,”ucap Wabup.

“Walau sedikit lelah menempuh jalan yang mendaki dan menurun namun sampai juga disini, melihat kekompakan dan antusias masyarakat yang bergotong royong, rasa lelah itu terobati juga,” tambah Richi.

Baca Juga  Pembangunan Sarana Prasarana pembangunan penanggulangan bencana banjir oleh BWS.V Sungai Batang Hari.

Terkait replika rumah pemerintahan atau kator Bupati pertama di Tanah Datar Wabup minta Pemerintah Kecamatan untuk melengkapi bukti-bukti sejarah terkait itu dan kalau bisa kedepan akan dikerjasamakan dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB).

Wabup Richi juga berharap ke depannya Sitapuang Gadang bisa menjadi daerah wisata, baik wisata sejarah maupun wisata alam karena didukung dengan keindahan alamnya. Dari itu wabup juga berharap agar pembangunan fisik harus dibarengi dengan pembangunan SDM.

Irfan F

Bagikan

Tinggalkan Balasan