Perkenalkan Srikandi, DPK Gelar Bimtek

PADANG PANJANG, SumbarTodayNews –Perkenalkan Srikandi, DPK Gelar Bimtek, Wujudkan tata kelola arsip secara dinamis, transparan, baik dan bersih, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi e-Arsip Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) di Aula Senja Kenangan, Kamis (30/9).

“Kegiatan bimtek ini perlu dilaksanakan, mengingat arsip adalah hal yang sangat penting untuk sejarah. Ikutilah kegiatan ini dengan sebaiknya. Karena setiap instansi pemerintah nanti diharapkan dapat memahami tentang penerapan aplikasi Srikandi di masing-masing OPD,” sebut Wakil Wali Kota, Drs. Asrul saat membuka acara.

Ditambahkan Asrul, diera digitalisasi ini, pendidikan dan pelatihan berbasis digital, menjadi sebuah kebutuhan dalam meningkatkan SDM aparatur. “Jangan kita sia-siakan kesempatan yang ada. Semakin banyak bimtek kita ikuti, semakin banyak ilmu yang kita raih,” tuturnya.

Baca Juga  MOMEN BERSEJARAH : NY. DEWI SUTAN RISKA IKUTI KONGRES BUNDO KANDUANG SE-DUNIA

Sementara itu Direktur Bidang Kearsiapan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Drs. Ameika Hasraf, MM menyampaikan, aplikasi Srikandi ini merupakan kerja sama antara ANRI dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Padang Panjang.

Keberadaan Srikandi juga tak lain untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan transparan, melalui pengelolaan arsip yang autentik dan terpercaya. Selain itu, hal terpenting dalam implementasi Srikandi ini adalah perubahan pola pikir (mindset) para pengguna. Sehingga keberhasilan dalam implementasi dapat dicapai.

Sedangkan Plt. Kepala DPK, Afrizal, S.Sos menyebutkan, kegiatan bimtek ini akan berlangsung selama dua hari yang diikuti 30 peserta perwakilan dari setiap OPD di lingkungan Pemko Padang Panjang.

Baca Juga  Korpri TNI AD Berikan Bantuan Korban Gempa Cianjur

Givan/Hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan