PMI Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama

Padang Panjang, Sumbartodaynews – PMI Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama. Menjadi salah satu organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan dan penanggulangan bencana, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang Panjang gelar Pelatihan Pertolongan Pertama bagi Relawan PMI.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana PMI, Jonrizal, S.sos, M.Si kepada Kominfo, Selasa (7/12) mengatakan, kegiatan pelatihan ini bertujuan membina dan memberi ilmu pengetahuan kepada relawan dalam penanggulangan saat terjadinya darurat bencana alam maupun kemanusiaan. Agar relawan lebih tanggap dan cepat memberi pertolongan pertama.

“Pelatihan juga bertujuan agar relawan mengetahui minimal dasar, batasan tindakan, mekanisme pelayanan pertolongan pertama, dan juga memahami cara memfasilitasi unit PMR dalam pertolongan pertama,” tuturnya.

Baca Juga  Kapolres Labuhanbatu menghadiri peringatan hari keluarga Nasional ke-29 dan pencangan Baksos TNI manunggal bangsa kencana Kesehatan terpadu

Disebutkannya, pelatihan ini diikuti sebanyak 12 relawan PMI yang dilakukan selama empat hari, mulai hari ini hingga 10 Desember mendatang. Dengan menghadirkan narasumber dari PMI Provinsi Sumatera Barat, Defriman, A.Md dari RSUD Padang Panjang, Herki Toni, SKM, MARS yang juga sebagai Kepala Bidang Yankes PMI, dan Relawan PMI, Yovi, A.Md.Kep.

Materi-materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut di antaranya pertolongan pertama, anatomi dan faal dasar, penilaian, pendarahan dan syok, bantuan hidup dasar (DBH) dan resusitasi jantung paru (RJP), cedera jaringan lunak, cedera sistem otot rangka, kedaruratan medis, keracunan, luka bakas, pemindahan dan trease.

Lebih lanjut, Jonrizal menyampaikan, selain pelatihan materi dari narasumber, nantinya juga dilakukan praktek lapangan atau simulasi pertolongan pertama.

Baca Juga  Ketua DPRD pariyanto SH hadiri pengukuhan paskibraka dharmasraya tahun 2022.

Dengan diadakannya pelatihan ini, Ia berharap relawan mampu melakukan pertolongan pertama, paham batasan dari tindakan pertolongan pertama. Mampu secara teknis metode pertolongan pertama, serta paham dan sanggup mendampingi fasilitator pertolongan pertama PMR.

rifki

Bagikan

Tinggalkan Balasan