Provinsi Sultra Melepas Komoditas Hasil Pertanian 18 Ton Biji Mete Tujuan Vitnam

0

 

Sultra, Sumbartodaynews – Provinsi Sultra Melepas Komoditas Hasil Pertanian 18 Ton Biji Mete Tujuan Vitnam. Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melepas komoditas hasil pertanian dalam bentuk biji mete sebanyak 18 ton dengan tujuan Vietnam. Pelepasan ini dilakukan di Pelabuhan Bungkutoko (Kendari New Port), Jumat (31 Desember 2021).

Gubernur Sultra yang diwaklili oleh Asisten III Sekretariat Daerah Sukanto Toding menghadiri kegiatan itu bersama dengan Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto.

Pelepasan ekspor ini merupakan bagian dari kegiatan Gebyar Ekspor Serentak yang digelar Kementerian Pertanian melalui 34 pintu ekspor. Pelaksanaannya digelar bersamaan dan terkoneksi secara virtual yang dipusatkan di Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar.

Biji mete ekspor yang dikirim Sultra ke Vietnam bernilai Rp 333,6 juta dan menjadi bagian dari total ekspor pada Gebyar Ekspor kali ini senilai Rp 14,4 triliun pada 34 pintu ekspor Indonesia.

Pelabuhan Bungkutoko atau Kendari New Port merupakan salah satu pelabuhan yang menjadi pintu ekspor Indonesia. Pelabuhan dengan luas lima hektar ini dibangun dengan konsep pelabuhan bertaraf internasional, dan menjadi fasilitas pengapalan langsung ke luar negeri.

Pada Juli 2020 lalu, sebanyak 18 ton serabut kelapa dikirim ke Weifang di Provinsi Shandong, Cina dengan nilai 3.960 dolar Amerika Serikat (setara Rp 55,4 juta dengan kurs Rp 14.000). Gubernur Sultra Ali Mazi melepas langsung pengapalan itu.

Givan/hms

Bagikan

Tinggalkan Balasan