Kondisi covid-19 di Indonesia dianggap sudah menggeser India sebagai episentrum Covid-19 di Asia.

 

Kondisi covid-19 di Indonesia dianggap sudah menggeser India sebagai episentrum Covid-19 di Asia.
Foto:Test swap

Sumbartodaynews.com, Jepang – Salah satu media Jepang menyebut kondisi covid-19 di Indonesia dianggap sudah menggeser India sebagai episentrum Covid-19 di Asia.

Hal itu berdasarkan jumlah kasus harian penularan virus Covid-19 di Indonesia yang telah mengalahkan India.

Pada 12 Jul 2021, kasus harian penularan virus Covid-19 di Indonesia mencapai 47.000 kasus, sementara kasus harian India tertinggi adalah 32.000 kasus.

Hal itu dinilai meresahkan karena kasus harian di Indonesia lebih banyak meski penduduknya hanya seperlima India.

Faktor lain yang juga meresahkan adalah buruknya kasus-kasus di Indonesia.

Angka-angka tersebut belum termasuk catatan buruk Indonesia dalam testing dan tracing. Tingkat positif negara Asia Tenggara itu, persentase infeksi yang terkonfirmasi vs orang yang dites, telah mencapai 30% selama sepekan terakhir, sementara angka di India adalah 2%, demikian menurut Nikkei Asia pada artikel berjudul “Indonesia menyalip India menjadi episentrum Covid Asia.”

Baca Juga  MOMEN BERSEJARAH : NY. DEWI SUTAN RISKA IKUTI KONGRES BUNDO KANDUANG SE-DUNIA

Meski kasus harian di Indonesia mencapai angka 40.000an, namun Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim kasus Covid-19 di Indonesia terkendali.

Jadi yang bicara tidak terkendali itu bisa datang ke saya. Nanti saya tunjukkan ke mukanya bahwa kita terkendali,” tandas Luhut.

Sementara itu, perwakilan WHO di Indonesia meminta agar warga tidak keluar rumah dalam beberapa pekan ke depan. Kebijakan ini dinilai WHO penting dalam melawan penyebaran varian Delta.

Bagikan

Tinggalkan Balasan