Sanggar Nagari Taratak Tinggi yang Bernama Saiyo Sakato Tampil di Festival Pamalayu Jilid 2 Kenduri Swarnabumi

0

Dharmasraya , Sumbartodaynews.com — Sanggar Nagari taratak tinggi yang bernama saiyo sakato Tampil di festival pamalayu jilid 2 kenduri swarnabumi. Para pecinta seni budaya baik muda maupun tua bahu membahu dalam melestarikan seni dan budaya yang ada dinagari taratak tinggi dengan telah ikut
tampil memukau di ajang kegiatan budaya yang telah 2 kali dilaksanakan di area candi pulau sawah ini dengan berbagai penampilan di ajang tersebut
Jumat malam (19/07/22).

Dengan gerakan yang serentak, lemah gemulai dan anggun, mereka memukau seluruh yang hadir di ajang pamalayu kali ini, yang sempat terhenti karena pandemi covid 19.

Selain seni Tari minang kabau sanggar cinta seni budaya saiyo sakato nagari taratak tinggi ini juga menampilkan atraksi seni bela diri asli minang kabau di bawah asuhan bapak afrison monti jo bujang yang bagian dari sanggar nagari dengan nama perguruan silek tradisional minangkabau taralak timpeh di bawah binaan mandaro malin yang telah tampil di ajang pamalayu tahun ini.
Selain itu sanggar nagari taratak tinggi juga menampilkan kesenian randai dari group atau divisi kesenian randai saiyo sakato di bawah binaan malin sunar.

Penampilan dari berbagai macam seni ini telah memukau para pengunjung di area pusat kegiatan pamalayu di candi pulau sawah .

Diiringi musik tradisional, para penari yang berjumlah 12 orang tersebut yang dari divisi sanggar tari SMPN 4 timpeh di bawah binaan ibu yang akrab di sapa buk EE ini ,divisi sanggar tari SMPN4 timpeh ini bagian dari sanggar nagari taratak tinggi, begitu semangat menarikan tariannya dan disambut riuh tepuk tangan para penonton.

Sanggar cinta seni budaya saiyo sakato nagari taratak tinggi yang di ketuai oleh dimetri mandaro malin menyampaikan apresiasi kepada anak didiknya yang tampil memukau baik itu menari , basilek serta barandai karena bisa maksimal walaupun hanya beberapa kali latihan sebelumnya, tapi mampu tampil bagus karena selain dipilih anak anak sanggar nagari yang memang mempunyai bakat juga diadakan latihan secara rutin satu minggu sekali.

“Saya sangat apresiasi kepada anak didik kami yang tampil menari , basilek serta berandai , berkuda lumping dan sebagai itu karena bisa maksimal walaupun hanya beberapa kali latihan sebelumnya, tapi mampu tampil bagus karena selain dipilih yang memang mempunyai bakat juga diadakan latihan secara rutin satu minggu sekali. ” Ungkapnya dimetri

Pembina Sanggar, ahmad sadar DT tumangguang mengatakan tarian dan basilek serta barandai yang ditampilkan oleh anak anak sanggar nagari kita ini sangat fantastis dan memukau sehingga dalam ajang ini berlangsung begitu meriah.

Ravian rusdi, salah seorang anak silek taralak
Dari salah satu inorga atau cabor disanggar nagari taratak tinggi ini mengaku senang sekali bisa tampil di hadapan orang banyak karena dapat melatih rasa percaya diri. Jelasnya.

“Tentu sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya dapat tampil pada salah satu acara bergengsih ini serta dapat melatih rasa percaya diri kami tampil di keramaian,tutupnya.

Di tempat terpisah ketua aspena darisman yang di dampingi oleh koordinator sekber wartawan bersatu dharmasraya dan bapak sutan alif dan bapak cecek anggota DPRD dharmasraya dengan waktu yang hampir bersamaan melalui seluler mereka sampaikan apresiasi dan mereka sampaikan tetap semangat
Jagalah seni adat dan budaya kita kalaulah bukan kita tu siapa lagi kata bapak ini.

Di kesempatan itu wali nagari taratak tinggi ahmad sadar mengatakan saya bangga dan apresiasi atas kepedulian generasi muda nagari untuk menjaga dan melestarikan seni dan budaya kita, kita dari pemerintah nagari akan selalu mendukung dalam hal ini , sekali lagi selamat ya , atas capaiannya teruslah berjuang dan berkarya tutupnya.

# DIMETRI ROBBY

Bagikan

Tinggalkan Balasan